SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan), menyambut kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, sebelum ASEAN – U.S. Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023). Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 ASEAN-Amerika Serikat hari ini, Rabu (6/9/2023) di Jakarta yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden AS Kamala Harris. 

Di hadapan Kamala Harris, Presiden Jokowi mengajak Amerika Serikat untuk menjalin kemitraan kokoh dan berkelanjutan bersama ASEAN. 

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dia memastikan kerja sama kawasan ini tidak hanya akan menguntungkan ASEAN, namun juga menguntungkan AS.  

“Namun, kemitraan tersebut hanya akan terwujud jika terdapat komitmen kuat dari kedua belah pihak dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Jokowi di sela-sela rangkaian KTT ASEAN 2023, Rabu (6/9/2023), dilansir Bisnis.com.

Jokowi juga menerangkan bahwa Asia Tenggara merupakan kawasan  yan sangat menjanjikan. Pada tahun 2045, ASEAN diprediksi menjadi urat nadi perdagangan internasional dan berkontribusi 5,4 persen terhadap Gross Domestic Product (GDP) dunia.  

Dalam pertemuan bilateral ini, Jokowi menyampaikan bahwa ASEAN sepakat untuk menjalankan perannya sebagai lokomotif atau penggerak dalam hal perdamaian dan stabilitas wilayah.  

Menurutnya, Indo-Pasifik dinilai mesti menjadi platform bagi kolaborasi. Oleh sebab itu, Jokowi ingin menggandeng Amerika Serikat untuk menjadi pengaruh positif mendorong tali kemitraan.  

“ASEAN mengajak AS untuk menjadi Positive Force dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif,” pungkas Jokowi. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Bertemu Kamala Haris, Ajak AS Jalin Kemitraan Indo-Pasifik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya