SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi membagi bagikan kaos kepada warga yang menerima bantuan pangan beras cadangan pemerintah di Gudang Bulog Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa (30/1/2024) (ANTARA/Hery Sidik)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeklaim bantuan sosial (bansos) pemberian beras 10 kilogram (kg) hanya dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini dia sampaikan saat menyerahkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu menyebut bahwa bantuan pangan tersebut hanya ada di Indonesia. Meskipun kenaikan harga beras juga terjadi di negara lain, tetapi tidak ada bantuan serupa bagi masyarakatnya.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Rakyat kita diberi 10 kilogram [beras setiap bulan. Bedanya itu, supaya bapak-ibu semuanya mengetahuinya harga beras di seluruh dunia naik,” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, dia turut memastikan bahwa masyarakat yang hadir telah menerima bantuan pangan yang diberikan pemerintah. Jokowi mengatakan bahwa bantuan tersebut akan dilanjutkan apabila APBN mencukupi.

“Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, ibu-ibu dan bapak-bapak akan menerima 10 kg, 10 kg, 10 kg, 10 kg, 10 kg, 10 kg. Nanti setelah Juni, saya akan lihat lagi APBN kita, APBN-nya kalau cukup, tapi saya tidak janji loh,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa bantuan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menghadapi kenaikan harga beras.

“Karena ada perubahan musim, ada el nino, dan itu dialami bukan hanya negara kita, tapi negara lain juga mengalami hal yang sama harga beras naik,” pungkas Jokowi.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Banggakan Program Bansos, Jokowi: Hanya di Indonesia yang Kasih 10 Kg Beras”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya