SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kiri) mengantarkan obor Api Abadi Mrapen "Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam" dan disambut oleh Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun (ketiga kiri) di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024). (ANTARA/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menyampaikan pidato politik pada hari pertama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

“Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas pada rakernas,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (23/5/2024), dilansir Antara.

Promosi Berkat KUR BRI dan Rajin Ikut Pameran, Keripik Kulit Ikan Rafins Snack Mendunia

Selain itu, sambung Hasto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan memberikan pengarahan kepada peserta rakernas. Hasto selaku Sekjen PDIP juga bakal menyampaikan laporan progres kinerja partai.

“Kemudian kita mendengarkan pandangan umum DPD (Dewan Pengurus Daerah) partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, anak ranting, ranting, dan PAC (Pengurus Anak Cabang) partai,” imbuh Hasto.

Selain itu, tambah Hasto, juga akan ada pembekalan dari pihak eksternal berkaitan dengan problematika yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

“Termasuk geopolitik dan kemudian akan dilakukan sidang-sidang komisi untuk melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan seluruh kegiatan partai selama kurang lebih empat tahun yang lalu,” ujarnya.

Sidang-sidang komisi yang dimaksud Hasto ialah dalam rangka melakukan evaluasi atas pelaksanaan seluruh kegiatan partai selama empat tahun yang terakhir.

Sidang komisi tersebut juga untuk merumuskan langkah-langkah konsolidasi PDIP ke depan dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2024 dan sikap politik yang akan diambil oleh PDIP.

“Itu gambaran seluruh rangkaian acara. Pada acara pembukaan nanti akan diserahkan oleh para atlet yang telah membawa lari api perjuangan dari Bumi Mrapen kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri,” tuturnya.

Jokowi Dipastikan Absen

Rakernas V PDIP mengangkat tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dengan subtema “Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya”.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan tidak menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Ancol, Jakarta pada 24-26 Mei 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana. Ia mengatakan Presiden Jokowi sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kegiatan internal di Istana Yogyakarta,” ucap Yusuf lewat pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Sebelumnya, PDI Perjuangan telah menginformasikan tak mengundang Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam rakernas tersebut.

“Tapi yang jelas presiden dan wakil presiden tak diundang,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat saat Konferensi Pers Rakernas V PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Ia pun menjelaskan bahwa presiden dan wakil presiden sudah sangat sibuk dengan urusan kenegaraan sehingga tak mungkin untuk menambah kesibukan mereka. “Kenapa? Karena beliau sudah sangat sibuk,” ujarnya.

Tak hanya itu, Djarot menegaskan bahwa Rakernas V PDI Perjuangan hanya diperuntukkan untuk internal partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya