SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video Presiden AS, Joe Biden, saat menyampaikan kabar bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Video tersebut diunggah pada akun Twitter-nya. (Istimewa/Twitter President Biden @POTUS)

Solopos.com, JAKARTA—Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berjanji akan mendesak Presiden China, Xi Jinping untuk mengendalikan Korea Utara pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Biden tiba pada Sabtu (12/11/2022) dan bertemu dengan para pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja.

Selanjutnya, ia akan bertemu mitranya dari China dalam G20 di Bali pada Senin mendatang. Pertemuan antara Biden dan Xi ini terjadi seusai banyaknya rudal yang diluncurkan oleh Korea Utara dan menimbulkan kekhawatiran bahwa negara itu akan melakukan uji coba nuklir.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan mengungkap niatan Joe Biden bertemu dengan Xi Jinping di KTT G20. “Biden akan memberi tahu Xi untuk memainkan peran konstruktif dalam menahan kecenderungan terburuk Korea Utara”, kata Sullivan, seperti dilansir dari CNA, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga AirNav Jamin Pelayanan Prioritas Delegasi dan Tamu VVIP KTT G20

Selain itu, Biden juga akan memberi tahu Xi bahwa jika peluncuran rudal dan nuklir Korea Utara terus berlanjut, maka itu berarti akan semakin meningkatnya peran militer AS di wilayah itu. Selanjutnya, Sullivan mengatakan bahwa Biden tak akan menuntut pihak China, melainkan memberikan Xi perspektifnya.

“Korea Utara adalah ancaman bukan hanya untuk AS, Korea Selatan, dan Jepang, tetapi juga untuk perdamaian dan stabilitas di seluruh dunia,” kata Sullivan.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida menyerukan aksi internasional untuk menghentikan program rudal Korea Utara selama pembicaraan dengan ASEAN, China dan Korea Selatan. Adapun ia mengatakan bahwa Tokyo dan Seoul semakin khawatir dengan uji coba Korea Utara, termasuk rudal balistik antarbenua.

Baca Juga Xi Jinping Jadwalkan Temu Bilateral dengan Jokowi di Sela KTT G20 Bali

Kantor Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menyatakan, karena meningkatnya ketegangan akibat peluncuran rudal Korea Utara, maka dia akan mengadakan pertemuan dengan Kishida di Phnom Penh pada hari ini, Minggu (13/11/2022). Biden dan Xi, yang merupakan dua pemimpin negara dari ekonomi terbesar dunia, telah berbicara melalui telepon beberapa kali sejak Biden menjadi presiden pada Januari 2021.

Akan tetapi, pascapandemi Covid-19 dan memperbarui aktivitas untuk bepergian ke luar negeri membuat keduanya tak bisa bertemu secara langsung.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Joe Biden Janji Tekan Xi Jinping Terkait Korea Utara di KTT G20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya