SOLOPOS.COM - SBY dan Jokowi berpelukan, Senin (20/10/2014). (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Wapres JK menyarankan SBY bertemu Presiden Jokowi setelah pilkada serentak 2017 agar tak menjadi isu politis.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyarankan agar pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diadakan setelah penyelenggaraan Pilkada 2017 berakhir.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Belum lama ini, Presiden ke-6 RI itu mengaku ingin bertemu dengan Presiden Jokowi untuk bicara blak-blakan dan mengklarifikasi berbagai isu yang dituduhkan kepadanya. SBY bahkan mengaku mendapatkan kabar bahwa ada sejumlah pihak yang menghalangi keinginannya untuk bertemu dengan Jokowi.

Menurut Wapres, Presiden Jokowi pasti mau menerima keinginan SBY tersebut. Namun, JK mengharapkan pertemuan digelar seusai pilkada serentak 15 Februari 2017.

“Saya kira presiden pasti, pak Jokowi menerimanya [SBY]. Ya setidak-tidaknya setelah tanggal 15 lah, supaya tidak menjadi isu politik,” katanya, di Kantor Wakil Presiden, Jumat (3/2/2017).

JK mengatakan hal tersebut dimaksudkan agar penyelenggaraan Pilkada dapat tenang dan kondusif. “Semua masing-masing tenang dulu, setelah tanggal 15 lah. Jadi pasti diterima lah itu,” ujarnya. Baca juga: SBY Singgung Skandal Watergate, Ini Tanggapan Johan Budi.

Sebelumnya, SBY pernah bertemu dengan JK sebelum aksi damai 4 November 2016. Setelah aksi damai yang juga dilakukan pada 2 Desember 2016, Jokowi telah bertemu sejumlah ketua umum partai, namun tidak dengan SBY.

“Saya secara pribadi punya hubungan selama lima tahun dengan Pak SBY. Ya, sebagai wapres tentu tidak bisa mengambil putusan total, tentu banyak hal yang bisa diambil oleh Pak Presiden. Karena itu, keinginan beliau untuk ketemu Presiden wajar juga,” jelas JK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya