SOLOPOS.COM - Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla alias JK mengkritik kebijakan anggaran pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai telah menghabiskan dana untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Pernyataan itu disampaikan ketika JK menjadi pembicara di acara Election Talk #4 di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok pada Kamis (7/3/2024).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Awalnya, JK mengiatkan agar siapapun pemerintahan selanjutnya harus bersiap menghadapi masalah ekonomi. Alasannya, karena peninggalan fiskal pemerintahan Jokowi.

“Siapa pun pemerintah ini, tidak mudah memerintah Indonesia pada pemerintah yang akan datang. Kenapa? Karena pemerintahan sekarang telah menghabiskan segala sumber dana untuk sesuatu, untuk hal-hal yang kadang-kadang tidak efesien, tidak prinsipil,” ujar JK.

Dia tidak memerinci apa kebijakan yang dinilai tidak prinsipil itu. Meski demikian, dia mengungkit soal pembangunan infrastruktur.

JK tidak menampik infrasturktur merupakan hal penting. Dia bercerita naik mobil dari Jakarta ke Universitas Indonesia (UI) cuma butuh 20 menit karena ada tol.

Meski demikian, lanjutnya, setiap pembangunan selalu mempunyai dampak negatif. JK mengingatkan soal utang negara yang semakin menumpuk.

“Kita menghadapi tantangan, kita banyak utang lebih Rp8.000 triliun, utang BUMN kurang lebih Rp3 triliun hingga Rp4.000 triliun. Jadi Rp11-12.000 triliun. Bunganya saja, cicilannya kira-kira Rp6.000 triliun,” ungkapnya.
Oleh sebab itu, JK mendorong agar setiap pihak bisa bersatu untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa depan. Menurutnya, hal terpenting adalah pemerintahan yang stabil.

“Jadi masa yang akan datang, mari kita lihat tantangannya. Kenapa kita lihat tantangannya? Supaya kita bersatu menghadapi tantangan itu karena seluruh masalah nanti, kalau politik hanya yang menang gembira, yang kalah tentu kurang gembira. Tapi kalau ekonomi semua kena,” jelasnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “JK Kritik Jokowi, Habiskan Dana untuk Hal Tak Penting” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya