SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat memberikan Kuliah Kebangsaan di Kampus Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/12). (ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan ke depan pemerintah memerlukan satu kanal pengaduan masyarakat untuk merespons segala persoalan yang di rasakan masyarakat. 

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat bertemu dengan petani dan nelayan di Bebelan, Bekasi pada Kamis (14/12/2023). 

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Dia berpendapat, satu kanal aduan ini akan memudahkan pemerintah mendapatkan informasi tentang situasi dan kondisi di lapangan. 

“Nah, curhat. Nanti kalau curhat itu langsung masuk data, laporannya lebih gampang, biar segera diberikan kepada yang berwenang. Satu kanal pengaduan ini sekaligus memutus rantai birokrasi yang panjang,” jelas Ganjar, dilansir Bisnis.com. 

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengaku, pengaduan satu kanal ini merupakan pelayanan sat set yang ingin dijanjikannya. Dia mengklaim ingin mengerjakan segala sesuatu dengan cepat. 

Ganjar meyakini, dengan kanal itu beragam persoalan seperti masalah kelangkaan pupuk, kebutuhan nelayan, sampah lingkungan, BBM, obat-obatan, dan lainnya bisa diserap yang kemudian nanti bisa ditindaklanjuti dalam bentuk program dari masing-masing instansi berwenang.  

Dia mencontohkan persoalan pendataan warga miskin. Jika keluarga miskin itu melaporkan ada anak-anak usia sekolah maka nantinya pemerintah akan memberikan beasiswa sampai kuliah ke perguruan tinggi. 

Politisi PDIP ini pun mengungkit program SMK Jateng yang dirintisnya, di mana anak-anak disekolahkan kemudian diinapkan mulai dari seragam dan makan ditanggung oleh Pemprov Jateng selama tiga tahun. 

“Inilah pekerjaan rumah kami. Inilah yang akan kita serap untuk jadi program,” tutup Ganjar.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ganjar Ingin Buat Kanal Pusat Pengaduan Masyarakat Jika Jadi Presiden”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya