SOLOPOS.COM - Bendera Jerman Barat yang kini juga sebagai bendera Jerman. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Jerman telah memutuskan untuk mengusir diplomat Rusia secara besar-besaran, dan Rusia menanggapi keputusan itu pada Sabtu (22/4/2023).

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa negaranya menanggapi pengusiran massal para diplomatnya dari Berlin.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Otoritas Republik Federal Jerman telah memutuskan pengusiran massal anggota misi diplomatik Rusia di Jerman,” katanya, seperti dilansir dari Reuters, via Bisnis.com.

Kementerian itu menekankan mengutuk keras tindakan Berlin tersebut, yang terus secara demonstratif itu.

“Kami mengutuk keras tindakan Berlin ini, yang terus secara demonstratif menghancurkan seluruh hubungan Rusia-Jerman, termasuk dimensi diplomatik,” lanjut kementerian itu.

Lebih lanjut, sebagai tanggapan itu, Rusia telah memutuskan untuk mengusir diplomat Jerman dari negaranya. 

“Sebagai tanggapan atas tindakan bermusuhan Berlin, pihak Rusia telah memutuskan untuk mencerminkan keputusan tersebut dan mengusir diplomat Jerman dari Rusia,” ujarnya.

Selain itu, Rusia telah membatasi jumlah maksimum karyawan misi diplomatik Jerman di negaranya. “Serta secara signifikan membatasi jumlah maksimum karyawan misi diplomatik Jerman di negara kita,” tambahnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia secara resmi memberitahu Duta Besar Jerman untuk Rusia Geza Andreas von Geyr tentang keputusan tersebut pada 5 April 2023.

“Ini merupakan indikasi bahwa pihak Jerman, meskipun berkali-kali menjamin keengganan untuk mempublikasikan cerita tersebut, melanggarnya dengan membuat perwakilan media yang biasa mengatur masalah kebocoran dan informasi terkendali menyadari plotnya,” kata kementerian tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Duh! Jerman dan Rusia Saling Usir Diplomat”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya