SOLOPOS.COM - Hitler, pemimpin Nazi Jerman (JIBI/Dok)

BERLIN: Jerman pada hari ini menggelar upacara untuk memperingati 68 tahun kegagalan pembunuhan pemimpin Nazi Adolf Hitler.

Hitler selamat dari ledakan bom yang ditanam oleh Kolonen Claus von Stauffenberg pada 20 Juli 1944 di markas besar Wolf’s Lair di Polandia. (foto: telegraph.co.uk).

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Von Stauffenberg dan sebagian besar yang terlibat di dalam percobaan pembunuhan itu ditangkap, disiksa dan kemudian dieksekusi.

Jerman telah memperingati percobaan pembunuhan itu sejak 1952 dan melihat hal itu sebagai kebangkitan dan keberaninan Bundeswehr, pasukan pertahanan Jerman, dalam melawan kekejaman pemerintahan Nazi.

Sejumlah politisi Jerman seperti Perdana Menteri Bavaria Horst Seehofer, Wali Kota Berlin Klaus Wowereit dan Menteri Pertahanan Thomas de Maiziere menghadiri upacara tabur bunga di Memorial Hall of Ploetzensee, tempat lebih dari 2.800 musuh Nazi dibunuh, di barat laut Berlin.

Setelah upacara, lebih dari 400 tentara baru Bundeswehr mengambil bagian dalam ritual pengambilan sumpah di situs tersebut.(antara/Xinhua/oana/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya