SOLOPOS.COM - Jenazah Haji Lulung tiba di kediamannya kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (14/12/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Jenazah almarhum Abraham Lunggana akrab disapa Haji Lulung tiba di rumah duka kawasan Rawabelong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (14/12/2021).

Dilansir dari Antara, Selasa, jenazah tiba pukul 13.00 WIB menggunakan ambulans milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mobil jenazah diiringi petugas Dinas Perhubungan dan beberapa kerabat. Rombongan mengawal jenazah dari Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Mobil jenazah sempat kesulitan masuk ke depan rumah lantaran warga dan awak media berkerumun di sekitar lokasi. Mobil berjalan pelan saat membelah kerumunan.

Baca Juga : Haji Lulung Meninggal, Ahok Sampaikan Duka Cita dan Doa

“Tolong kasih jalan. Tolong kasih jalan. Ini mau lewat. Teman-teman media, tolong kasih jalan,” kata salah seorang warga di lokasi.

Mobil jenazah sampai depan pintu gerbang rumah Haji Lulung. Saat bagian belakang mobil dibuka, warga serentak mengumandangkan kalimat tauhid. “La Ilaha Illallah, La Ilaha Illallah,” seru warga.

Beberapa kerabat Haji Lulung sempat berdesakan dengan awak media yang tengah mengambil foto dan video saat jenazah dikeluarkan dari mobil. Jenazah langsung dibawa ke halaman rumah.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang Lagi, Berikut Aturan Perjalanan Saat Natal dan Tahun Baru

Warga sekitar langsung menutup gerbang depan rumah begitu jenazah Haji Lulung masuk halaman. Awak media dan beberapa warga tidak diperkenankan masuk ke rumah Haji Lulung.

Sebelumnya, Haji Lulung meninggal pada pukul 10.51 WIB karena sakit jantung. Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, menjelaskan Haji Lulung meninggal pada Selasa di RS Harapan Kita pukul 10.51 WIB.

“Mohon maaf atas segala salah dan dosanya selama pergaulannya semasa hidupnya. Mohon Al fatihah. Semoga Allah SWT berikan yang terbaik, diterima segala amal ibadahnya, dan husnul khotimah,” tulis Baidowi.

Baca Juga : BMKG Pastikan Peringatan Dini Tsunami di NTT Berakhir

Haji Lulung sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita karena gangguan jantung. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 itu meninggal pada usia 62 tahun. Selain berpolitik, anak ketujuh dari sebelas bersaudara itu juga seorang pengusaha di Kompleks Ruko Tanah Abang.

Ia mulai membangun kios-kios kecil di pinggir tembok Blok F sejak 1997. Ia juga dipercaya menjadi manajer di Pertokoan Metro Tanah Abang. Haji Lulung juga mengelola keamanan, perparkiran, dan penagihan utang di wilayah Tanah Abang.

Haji Lulung menjadi terkenal setelah membawa Lamborghini ketika terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta 2014-2019. Dia juga sering mengkritisi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat menjabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya