SOLOPOS.COM - Jamaah Surau Buya Lubuak Landua di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar melaksanakan shalat Idul Fitri, Selasa (9/4/2024) pagi. ANTARA/Altas Maulana.

Solopos.com, GOWA — Lebih seribu jemaah Surau Buya Lubuak Landua di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat melaksanakan salat Idulfitri di surau atau musala itu pada Selasa (9/4/2024) pagi.

Salah seorang tokoh masyarakat Lubuak Landua, Zikra Hidayat, di Simpang Empat, Selasa, mengatakan pelaksanaan salat berjalan dengan aman dan lancar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Jemaah telah melaksanakan puasa Ramadhan selama 30 hari. Mulai puasa dulu satu hari dibandingkan pemerintah. Berdasarkan perhitungan itu maka dilaksanakanlah shalat Idul Fitri hari ini,” katanya.

Jemaah yang melaksanakan salat itu berasal dari beberapa daerah seperti Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, Duo Koto Pasaman sampai dari Madina, Sumatra Utara.

Selain itu beberapa di antaranya merupakan jemaah Suluk Buya Lubuak Landia yang satu bulan terakhir berada di surau atau musala yang merupakan jemaah Tarekat Naqsabandiyah.

“eamaah cukup ramai. Beberapa terpaksa berada di luar musala karena shaf di dalam sudah penuh,” katanya.

Dalam pelaksanaan sealat itu, jamaah terlihat khusuk menjalankan ibadah dan dilanjutkan dengan khutbah serta doa bersama.

Selesai salat beberapa jemaah terlihat bersalaman dan sebagian melihat wisata ikan larangan dekat musala itu.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri di surau atau mushalla Buya Lubuak Landua yang duluan satu hari dari jadwal pemerintah merupakan hal yang biasa terjadi karena jamaahnya juga duluan berpuasa satu hari.

Salat Idulfitri di Surau Lubuak Landua itu diawali takbiran dan pawai api obor pada Senin (8/4/2024) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya