SOLOPOS.COM - Pengunjung memilih sejumlah makanan kemasan di Hypermart, Solo Square, Solo, Kamis (5/7/2012). (Dok/Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Pengunjung tengah  memilih makanan kemasan di Hypermart, Solo Square, Solo, Kamis (5/7/2012). (Dok/Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Sejumlah ritel di Solo mulai menambah stok barang dan menggeber sejumlah promo menjelang momen Bulan Puasa, Juni 2014. Promo tersebut diharapkan mampu mendongkrak penjualan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hypermart Solo Square salah satunya juga mulai menampakkan produk-produk khas bulan Puasa. Salah satunya kurma.Penataan barangnya pun mulai memberikan sentuhan nuansa Ramadhan.

Divisi Manager Groceries Hypermart Solo Square, Yosep Heru Sukahadi, menjelaskan manajemen mulai menambah stok barang hingga 25% terkait persiapan bulan Puasa. Manajemen ritel berusaha menggeser pola belanja masyarakat, agar masyarakat bisa punya waktu lebih leluasa untuk mempersiapkan kebutuhannya saat Puasa maupun saat Lebaran.

“Sehingga, meskipun Puasa masih awal Juli mendatang, kami sudah menambah stok untuk barang-barang seperti gula, beras, margarin, sirup, biskuit, nata de coco, sari kelapa, minuman bersoda dan kurma,” imbuh Manager Divisi Fresh Hypermart Solo Square, Tri Wibowo, saat ditemui Solopos.com, di Hypermart Solo Square, akhir pekan kemarin.

Tri menyampaikan, dari rencana penambahan stok untuk Puasa hingga Lebaran, saat ini sudah masuk sekitar seperempatnya. Dia memperkirakan, Puasa hingga Lebaran transaksi akan melonjak kisaran 30%.  “Penambahan sudah sejak pekan pertama bulan ini. Aktivitas loading barang juga sudah meningkat 25 persen.”

Tidak hanya stok barang, pekan depan Hypermart juga sudah mulai mempersiapkan paket parsel yang siap ditawarkan selama bulan Puasa hingga Lebaran. Selain itu juga buah labu parang yang banyak diburu saat Puasa. Dan akhir pekan depan, pasar mulai dirangsang dengan promo-promo bersyarat. “Seperti beli biskuit salah merek sebanyak empat bungkus dapat satu bungkus gratis. Atau pembelian sirup merek tertentu dalam hadiah langsung,” ujar dia.

Terpisah, Deputy Store Manager Informa Furnishings Solo Paragon Lifestyle Mall, M Lutfi, menyampaikan penambahan stok barang khususnya untuk koleksi terbaru di kategori koleksi dinning set dan kitchen set sudah dilakukan. Penambahan stok barang ini juga dilakukan menyusul program promo menjelang Puasa yang siap digeber 12 Juni hingga pertengahan bulan Puasa 16 Juli mendatang. Khusus untuk promo menjelang Puasa, maka barang yang siap dikenakan promo berupa barang-barang yang dekat dengan kebutuhan puasa. “Seperti kitchen set dan dinning set,” kata Lutfi.

Selain dua kategori produk itu, promo juga diberikan ke beberapa produk seperti sofa, bed set, matras serta beberapa aksesoris yang arahnya ke perlengkapan dapur dan ruang makan. Dia menjelaskan, promo yang diberikan berupa diskon hingga 50 persen.

Lutfi menjelaskan momen Bulan Puasa hingga Lebaran memang menjadi momen yang paling dimanfaatkan kalangan ritel untuk memaksimalkan potensi penjualan. Berdasar pengalaman momen yang sama tahun-tahun sebelumnya, penjualan produk furnitur di Informa Furnishings Solo Paragon Lifestyle Mall mengalami kenaikan hingga kisaran 30%-33% dibanding hari biasa. “Harapan untuk Puasa hingga Lebaran tahun ini bisa menaikkan transaksi hingga 33%.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya