SOLOPOS.COM - Arus kendaraan dari arah Jakarta mulai meningkat di ruas Tol Semarang-Batang, sesaat sebelum penerapan one way, Jumat (5/4/2024) siang. (Solopos.com/Imam Yudha Saputra)

Solopos.com, BATANG – Arus kendaraan dari arah Jakarta mulai meningkat di ruas Tol Semarang-Batang, sesaat sebelum penerapan one way, Jumat (5/4/2024) siang.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Pantauan Tim Ekspedisi Mudik 2024, lonjakan arus kendaraan itu mulai terlihat di ruas tol Semarang-Batang sejak Jumat pagi. Meski demikian, lonjakan arus itu mulai mengalami peningkatan pada Jumat siang atau satu jam sebelum one way akan diterapkan pada pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, hal bertolak belakang terlihat di lajur B atau jalur kendaraan dari arah Semarang ke Jakarta. Di lajur tersebut, arus kendaraan terlihat cukup lenggang. Tak hanya itu, sejumlah rest area di jalur B juga cukup lenggang. Banyak pengendara yang memang enggan untuk berhenti berlama-lama di rest area jalur B karena takut terdampak sistem one way.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah menerapkan sistem one way untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran 2024 di Tol Trans Jawa. Sistem one way diterapkan mulai Jumat (5/4/2024) pukul 14.00 WIB hingga Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB dan Senin (8/4/2024) hingga Selasa (9/4/2024) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Sistem one way tersebut akan diterapkan mulai gerbang Tol Cikampek Utama hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Kendati demikian, penerapan one way bersifat conditional atau bisa berubah sewaktu-waktu hingga diperpanjang ke gerbang Tol Bawen atau gerbang Tol Salatiga.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program kolaborasi Solopos Media Group dengan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng-DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya