SOLOPOS.COM - Ilustrasi perputaran ekonomi saat Lebaran. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Perputaran ekonomi selama momentum mudik dan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran pada 1444 H mencapai Rp335,3 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan angka tersebut meningkat cukup pesat dibandingkan prediksi sebelumnya yaitu hanya Rp240,1 triliun. Sandiaga menjelaskan angka Rp335,3 triliun itu muncul setelah pihaknya melakukan pemantauan secara langsung maupun secara daring, termasuk dari hasil beberapa lembaga survei.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Jadi prediksi awal kita itu Rp240,1 triliun, tapi ternyata setelah kami melakukan pemantauan, hasilnya potensi perputaran ekonomi selama lebaran mencapai Rp335,3 triliun,” tuturnya di Jakarta, Selasa (2/5/2023). Menurutnya tidak sedikit masyarakat yang mudik sembari berwisata ke sejumlah destinasi di Pulau Jawa, sehingga hal tersebut bisa mendorong roda perekonomian terutama para pelaku UMKM lokal.

Sandiaga juga mencatat ada beberapa destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama Hari Raya Idulfitri 1444 H, antara lain Malioboro, Ciwidey, Lembang, Puncak, Borobudur, Dieng, Pangandaran, Ragunan dan Pemandian Guci di Tegal. “Nah, saya mau datangi tuh Pemandian Guci di Tegal. Penasaran juga,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sandiaga Uno Sebut Perputaran Ekonomi Tembus Rp335,3 Triliun Selama Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya