SOLOPOS.COM - Ketua MWA UNS Solo, Muliaman Hadad (ketiga dari kiri) sedang memaparkan tahapan pilihan Rektor UNS 2024-2029 dalam jumpa pera di gedung rektorat kampus setempat, Jumat (19/4/2029). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyurati 20 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) terkait pembukaan pendaftaran bakal calon Rektor UNS.

Hal itu membuka peluang bagi kampus dengan status PTNBH lain untuk menjadi pucuk pimpinan UNS selanjutnya. Ketua PPR UNS, Mohammad Jamin mengatakan tidak memprioritaskan kampus PTNBH untuk diundang, menurut dia, semua sama selama memenuhi syarat yang berlaku.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Kalau alasannya kenapa harus dari kampus yang memiliki status PTNBH, ya karena status UNS sudah PTNBH,Di samping yang internal [dosen UNS] sudah disosialisasikan kepada 194 dosen yang memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai bakal calon, ” kata dia dalam jumpa pers di gedung rektorat setempat, Jumat (20/4/2024).

Selain dari kampus lain, Jamin mengatakan bakal calon rektor UNS juga bisa diisi oleh tenaga profesional yang dulunya pernah menjadi pengajar, namun kini sudah tidak aktif.

Dia mengatakan syaratnya harus memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala, bergelar doktor, memiliki pengalaman sebagai Kaprodi.

“Seandainya ada yang aktif di direktur BUMN dan melamar sebagai rektor boleh, sepanjang dia memenuhi syarat itu tadi. Jadi PP 56 [Tahun 2020] itu membuka seluas-luasnya. Jadi regulasi kita sangat terbuka untuk siapapun yang memenuhi syarat,” kata dia.

Ketua MWA UNS Solo,  Muliaman Darmansyah Hadad, mengatakan tidak membedakan pendaftar dari luar maupun internal UNS. Dia mengatakan semua harus sesuai dengan persyaratan dan mengikuti aturan yang ada.

“Jadi kita sesuai dengan peraturan yang sudah ada. Semua diperlakukan sama,” kata dia.

Perlu diketahui, terdapat total 21 PTNBH yang ada di Indonesia, berikut Solopos.com rangkum daftarnya:

Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Diponegoro (Undip)
Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Sumatra Utara (USU)
Universitas Indonesia (UI)
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Universitas Hasanuddin (Unhas)
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Negeri Malang (UM)
Universitas Andalas (Unand)
Universitas Negeri Padang (UNP)
Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
Universitas Terbuka (UT)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya