SOLOPOS.COM - Seleksi CPNS Soloraya di Solo, Kamis (16/10/2014). (JIBI/Solopos/Dok.)

Penerimaan CPNS paling cepat baru akan diumumkan pada Juli 2017.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) angkat bicara tentang informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang berseliweran di media sosial. Mereka menegaskan hingga saat ini belum ada pengumuman seleksi CPNS dari jalur khusus.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menegaskan sampai saat ini rencana penerimaan CPNS dari jalur khusus belum diumumkan. “Jangan mudah terkecoh informasi dari portal yang tidak jelas,” kata Herman di Jakarta, Senin (3/7/2017), yang disampaikan melalui rilis di situs menpan.go.id.

Penjelasan ini disampaikan sebagai respons atas banyaknya informasi penerimaan CPNS di laman-laman blog. Bahkan, untuk meyakinkan pembaca, mereka menyertakan surat-surat yang ditandatangani menteri.

Kementerian PAN-RB menjelaskan saat ini penerimaan CPNS untuk calon hakim, petugas lembaga pemasyarakatan, dan imigrasi, masih tahap proses pembahasan rincian formasi. Artinya, belum ada kepastian formasi yang akan dibuka dari tiap lembaga pemerintahan. “Kami masih mengevaluasi rincian formasi yang diajukan oleh instansi terkait,” ujarnya dalam rilis.

Saat ini, baru Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkum HAM yang telah menyerahkan rincian formasi jabatan yang kosong. MA menyerahkan rincian formasi tempat penugasan untuk empat jenis jabatan hakim yang akan diterima. Sedangkan Kemenkum HAm menyerahkan beberapa rincian formasi antara lain petugas penjagaan, pemeriksa keimigrasian, dan jabatan strategis lainnya.

Rencananya, pengumuman penerimaan CPNS akan diterbitkan secara resmi pada Juli 2017. Namun, jadwal itu masih mungkin berubah dan belum final. “Apabila sudah final, akan segera kami informasikan,” jelasnya.

Masyarakat diminta tidak terkecoh informasi yang tidak benar. Untuk itu, masyarakat diingatkan untuk hanya mencari informasi tentang CPNS dari situs resmi Kementerian PAN-RB yakni menpan.go.id, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), bkn.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya