SOLOPOS.COM - PPDB SMA dan SMK di Jateng 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VII, Suratno, mengatakan untuk PPDB SMA atau SMK pada tahun ini hanya ada penyesuaian kecil, yakni untuk jalur perpindahan orang tua kini menyesuaikan alamat kantor.

“Untuk perpindahan tugas orang tua itu, kalau dulu kan sesuai dengan KK atau domisili, sekarang dengan [alamat] kantornya. Jadi kantor bapak/ibunya bekerja dimana, itu ditarik untuk jarak radius koordinat,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Selasa (13/6/2023) malam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tahun sebelumnya, terdapat alokasi khusus bagi anak yang orang tuanya bekerja sebagai tenaga kesehatan dan bertugas menangani pasien Covid-19.  Kini alokasi tersebut sudah tidak berlaku. “Sekarang dialihkan ke orang tua siswa yang meninggal karena Covid, baik dia yatim atau piatu,” lanjut dia.

Bagi orang tua yang akan mendaftarkan anaknya ke SMA/SMK negeri diharapkan tidak panik. Dia menyebut orang tua bisa mendapat informasi lengkap terkait PPDB SMAN di Solo atau Jawa Tengah secara umum melalui laman resmi https://ppdb.jatengprov.go.id.

Namun, jika orang tua tetap bingung untuk memahami petunjuk teknis (Juknis) bisa langsung menuju ke sekolah terdekat. Suratno menjamin pihak SMAN/SMKN sudah menyiapkan posko beserta petugas yang siap melayani.

“Nanti siap membantu, informasinya seperti apa, nanti dipandu, sekolah sudah menyiapkan lab komputer. Jadi masyarakat yang kesulitan silakan datang ke sekolah,” tutur dia.

PPDB SMA/SMK Negeri jalur zonasi di Jawa Tengah dimulai dengan pengajuan akun dan verifikasi berkas pada 15 Juni sampai 23 Juni 2023. Dilanjutkan aktivasi akun pada 15 – 27 Juni 2023. Lalu calon peserta didik (CPD) bisa mendaftar dan mendapatkan kesempatan mengubah pilihan 23 – 27 Juni 2023.

Setelah itu terdapat masa tenang dimulai dari 28 sampai 29 Juni 2023. Lalu dilanjutkan dengan pengumuman hasil PPDB pada 30 Juni 2023, selambat-lambatnya pukul 23.55 WIB.

Kemudian siswa yang berhasil lolos di masing-masing sekolah pilihannya wajib melakukan daftar ulang pada 3 sampai 6 Juli 2023. Sedangkan tahun ajaran baru 2023/2024 dimulai 17 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya