News
Sabtu, 6 Januari 2024 - 10:47 WIB

Jalur KA di Bandung Sudah Bisa Dilewati Lagi Pascatabrakan 2 Kereta

Bayu Jatmiko Adi  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rel kereta api. (freepik)

Solopos.com, SOLO–Jalur kereta api di petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sudah bisa dilalui, Sabtu (6/1/2023), pascakecelakaan dua kereta api. KAI menyebut perjalanan kereta api (KA) ke arah Tasikmalaya, Kiaracondong, maupun Bandung sudah dinyatakan aman.

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, mengatakan per Sabtu hari ini pukul 06.30 WIB, sterilisasi jalur yang menjadi lokasi kecelakaan KA tersebut sudah selesai dilakukan dan sudah dapat dilewati KA.

Advertisement

Dengan begitu, saat ini perjalanan KA ke arah Tasikmalaya, Kiaracondong, maupun Bandung telah dinyatakan aman dan semua perjalanan KA dapat beroperasi seperti semula atau tidak memutar lagi, meskipun dengan pembatasan kecepatan.

Krisbiyantoro menegaskan KAI sangat serius dalam memberikan layanan perjalanan kereta yang aman, nyaman dan tepat waktu bagi penumpang.

“Kami menerapkan zero tollerance terhadap kecelakaan dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Advertisement

Menurutnya, manajemen KAI juga telah melakukan berbagai upaya untuk menekan dan meminimalisasi potensi terjadinya kecelakaan kereta api. Di antaranya dengan melakukan peningkatan sistem komunikasi, perjalanan kereta dan berbagai hal teknis lainnya.

Daops 6 Yogyakarta juga menginformasikan saat ini tiket kereta api (KA) ke arah Bandung untuk perjalanan pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru hingga tanggal 7 Januari 2024 masih ada sekitar 3.000 tiket.

“Bagi masyarakat yang ingin bepergian ke arah Bandung tidak perlu khawatir karena petugas KAI terus berjaga dan bersiaga untuk mengamankan perjalanan kereta api di seluruh wilayah,” jelas dia.

Advertisement

Diberitakan, tabrakan antara Kereta Api (KA) Turangga jurusan jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka, Jumat (5/1/2024), menyebabkan empat korban meninggal dunia.

Berdasarkan kronologinya, tabrakan antara dua kereta itu terjadi pagi ini pukul 06.03 WIB di Kampung Babakan DKA Desa. Cikuya, Kec. Cicalengka, Kab. Bandung di KM 181 + 5/4.

Spesifikasi kereta yang mengalami tabrakan yakni KA Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dengan No. Lokomotif  CC 206 13 97, dengan KA Lokal Padalarang-Cicalengka dengan No. KA 350.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif