SOLOPOS.COM - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (tengah) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut satu Anies Baswedan saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengatur jadwal dan tema Debat Keempat Pilpres 2024. Pada debat keempat ini, para cawapres yang akan adu gagasan.

Dalam Surat Keputusan KPU RI 15/2023 Pasal 50, debat akan diadakan sebanyak lima kali. Adapun pembagiannya, tiga kali untuk calon presiden (capres) dan dua kali untuk calon wakil presiden (cawapres).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Pada pasal selanjutnya juga dijelaskan bahwa penyelenggaran debat Pilpres 2024 ini akan disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta.

Debat pertama, kedua, dan ketiga sendiri sukses digelar pada Desember 2023 dan Januari 2024. Terakhir, Debat Ketiga Capres dilaksanakan pada 7 Januari 2024 dengan mempertemukan capres nomor urut 01 Anies Baswedan, nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo.

Berdasarkan jadwal dan tema debat keempat Pilpres 2024 yang dirilis KPU, debat yang mempertemukan cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan diadakan pada Minggu (21/1/2024). Tema debat kali ini mengangkat Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Adapaun stasiun TV yang akan menyiarkan langsung acara debat tersebut, SCTV, Indosiar, dan MetroTV.

Sesuai jadwal yang ada, debat keempat ini akan diadakan mulai pukul 19.00 WIB dengan durasi 120 menit yang terbagi dalam enam segmen. Rinciannya, segmen pertama berisi pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi-misi dan program kerja. Segmen kedua berisi pendalaman visi-misi dan program kerja. Segmen ketiga pendalaman visi misi dan progam kerja yang dilakukan moderator.

Dilanjutkan segmen keempat dan kelima adalah sesi tanya-jawab dan sanggahan. Kemudian, di segmen keenam ditutup dengan segmen keenam yang merupakan penutup.

Setelah gelaran debat keempat Pilpres 2024 itu, dijadwalkan debat terakhir diadakan pada 4 Februari 2024 dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya