SOLOPOS.COM - Petugas berkeliling menggunakan sepeda untuk memeriksa mobil di pool kendaraan listrik yang akan digunakan selama pelaksaan KTT ke-43 ASEAN di Kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (3/9/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Risa Krisadhi/pras.

Solopos.com, JAKARTA — Rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43 di Jakarta sudah dimulai sejak 29 Agustus 2023. 

Acara puncak perhelatan KTT Asean 2023 akan berlangsung pada 5-7 September 2023.  Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menjelaskan rangkaian acara dalam pertemuan puncak KTT Asean ke-43 yang dipimpin oleh Indonesia. 

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dia menyatakan jadwal pertemuan puncak KTT Asean  5-7 September 2023 akan dilakukan 12 pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Pada 5 September terdapat 2 jadwal pertemuan utama, yaitu 43rd Asean Summit [Plenary Session]; 43rd Asean Summit [Retreat Session],” katanya kepada wartawan dalam Media Gathering pekan lalu.  

Di hari yang sama, lanjutnya, Presiden Jokowi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara mitra. 

Lalu, juga ada Asean Indo-Pasific Forum (AIPF) hari pertama. Sementara itu, ada 6 pertemuan pada 6 September 2023, antara lain 26th Asean-China Summit; 24th Asean-Republic of Korea (ROK) Summit; 26th Asean-Japan Summit; 11th Asean-U.S. Summit; Asean-Canada Summit; dan 26th Asean Plus Three (APT) Summit (Asean dengan Jepang-ROK-RRT). 

“Akan digelar Asean Indo-Pasific Forum [AIPF] hari kedua. Selain itu, jika memungkinkan juga akan diselipkan pertemuan bilateral, di sela-sela KTT ke-43 Asean, pada 6 September 2023,” jelasnya.  

Retno mengungkapkan 4 pertemuan yang dijadwalkan pada 7 September 2023, antara lain 20th Asean-India Summit; 3rd Asean-Australia Summit; 13th Asean-UN Summit; dan 18th East Asia Summit. 

Pada 7 September juga akan ada beberapa pertemuan bilateral. Konferensi pers bersama Presiden Jokowi akan digelar sore harinya. 

Pertemuan bilateral juga akan disambung sampai pada 8 September pagi dan siang hari. Sedangkan pada sore harinya, Presiden Jokowi akan langsung terbang menuju India untuk menghadiri KTT G20. 

Diketahui, sejauh ini yang akan hadir adalah 22 negara dan 9 organisasi internasional, dengan 11 negara Asean, termasuk Timor Leste, serta 13 pertemuan bilateral. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Agenda dan Isu-isu Penting yang Bakal Dibahas di KTT Asean 2023”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya