SOLOPOS.COM - Menkominfo Johnny Gerard Plate menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix Hybrid berwarna hitam terbaru dengan pelat nomor B 1535 SSJ dan pajak bulan Februari tahun 2023. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi BTS, di Kantor Kejaksaan Agung, Selasa (14/2/2023).

Salah satu yang menjadi sorotan dari kedatangan Menkominfo adalah mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang ditumpanginya.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Kendaraan salah satu menteri Jokowi itu menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Johnny Gerard Plate menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix Hybrid berwarna hitam terbaru dengan nomor polisi B 1535 SSJ dan pajak bulan Februari tahun 2023 ke Kejagung.

TNKB atau biasa disebut dengan pelat nomor merupakan tanda registrasi dan identifikasi kendaraan.

Lalu, apa itu TNKB khusus atau rahasia dan apa perbedaannya dengan TNKB yang biasa?

Menurut Perkapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas, TNKB khusus memiliki spesifikasi tertentu dengan nomor registrasi berbeda, yang dipasang pada kendaraan dinas untuk pejabat pemerintah.

Sementara, aturan terbaru mengenai penggunaan pelat nomor rahasia tertulis dalam Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021.

Pada Pasal 70 disebutkan penggunaan pelat nomor rahasia untuk kendaraan yang digunakan pejabat/petugas di bidang intelijen dan/atau penyidik guna menjamin kerahasiaan identitas.

Mengenai kode pelat nomor rahasia, pihak kepolisian memiliki kode dan spesifikasi tersendiri untuk membedakan dengan pelat nomor umum.

Namun, sesuai dengan namanya yang rahasia, tidak dijelaskan lebih lanjut dalam peraturan tersebut mengenai detail kode apa saja yang digunakan.

Untuk plat nomor ini, biasanya memang tidak terdaftar di website samsat-pkb2.jakarta.go.id. karena memang bersifat khusus atau rahasia demi menjaga keamanan dan kerahasiaan.


Pelat nomor Toyota Innova Zenix Hybrid B 1535 SSJ belum terdaftar. (Bisnis)

Terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi proyek BTS 4G, tim penyidik Kejagung masih melakukan pemeriksaan terhadap Sekjen Partai Nasdem tersebut sejak pukul 09.00 WIB.

Seperti diketahui, Menkominfo Johnny G. Plate diperiksa oleh Kejagung sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pembangunan BTS Bakti.

Johnny memang jadi salah satu saksi yang diperiksa Kejagung terkait kasus hukum tersebut.

Kejaksaan telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus korupsi pengadaan BTS yang merupakan proyek Badan Layanan Usaha Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) yang berada di bawah Kemenkominfo itu.

Proyek ini mencakup rencana pembangunan 9.000 tower BTS di sekitar 7.900 desa dan kelurahan dengan kategori 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal) dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp11 triliun.

Namun dalam pelaksanaan perencanaan dan pelelangan ditemukan bukti adanya rekayasa sehingga di dalam proses pengadaannya tidak terdapat kondisi persaingan yang sehat.

Pada akhirnya, diduga terdapat kemahalan harga yang harus dibayar oleh negara.

Selain dugaan korupsinya, Kejagung juga mengusut kasus dugaan pencucian uang terkait kasus korupsi dalam penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kementerian Kominfo 2020-2022.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Penuhi Panggilan Kejagung, Menkominfo Datang dengan Kendaraan Plat Khusus”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya