SOLOPOS.COM - Banjir di SMPN 6 Solo, Rabu (29/11/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo tahun ini memprioritaskan pembangunan gedung baru SMPN 6 Solo agar terhindar dari banjir.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solo, Abdul Haris Alamsah mengatakan SMPN 6 Solo menjadi prioritas pembangunan untuk mengantisipasi jika terjadi banjir. Selama ini, sekolah yang beralamat di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo itu sering dilanda banjir.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Terakhir kali, ketika banjir melanda sejumlah lokasi di Kota Solo pada Februari 2023 lalu, SMPN 6 Solo ikut terdampak. Kali itu bahkan ketinggian air diperkirakan mencapai 50 cm. Dengan alasan itu, Disdik Solo berencana membangun SMPN 6 Solo.

“Itu kan setiap hujan banjir, walaupun sekarang banjirnya tidak begitu parah, tapi kan tetap banjir, dan masuk kelas juga. Itu malah jadi repot,” kata dia.

Haris mengatakan penyebab SMPN 6 Solo sering banjir lantaran bangunan sekolah cukup rendah. Sedangkan sekolah tersebut juga berdekatan dengan Kali Jenes. Sehingga ketika terjadi hujan lebat yang mengakibatkan sungai meluap, SMPN 6 Solo terkena dampak.

“Kalau ada genangan saja itu sulit terserap. Apalagi air sungai sampai membeludak itu pasti airnya masuk ke sekolah dan [surutnya] lama pasti. Makanya harus segera kita bangun,” kata dia.

Haris melanjutkan pendanaan dari pembangunan SMPN 6 Solo bersumber dari bantuan Uni Emirat Arab (UEA). Dia mengatakan proses atau rencana pembangunan menggunakan dana hibah UEA sudah ada sejak tahun lalu.

“Tapi kan ada proses-proses yang dilalui, dan itu lumayan panjang, jadi baru tahun ini rencananya direalisasikan,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Kamis (21/3/2024).

Dia mengatakan belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan. Saat ini pihaknya sedang menjalankan proses lelang. 

“Ini masih proses lelang, semuanya masih dalam tahap pembahasan dan perencanaan. Jadi tunggu dulu, untuk besaran anggaran yang dibutuhkan akan diketahui setelah proses lelang,” kata dia.

Haris mengatakan pembangunan gedung sekolah merupakan bagian dari komitmen Disdik Kota Solo untuk menjamin kenyamanan siswa di sekolah. Menurutnya sarana prasarana yang baik merupakan penunjang utama agar proses belajar mengajar terlaksana secara maksimal.

“Ini juga upaya untuk membuat para siswa nyaman ketika belajar. Besar harapan kami juga pembangunan sekolah bisa meningkatkan kualitas pendidikan Kota Solo lebih merata,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya