SOLOPOS.COM - ITS PKU Muhammadiyah Solo bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Solo meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pengaruh Muhammadiyah (SIAPMu) di Auditorium kampus setempat, Selasa (15/8/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—ITS PKU Muhammadiyah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perguruan Muhammadiyah (SIAPMu) di Auditorium kampus setempat, Selasa (15/8/2023).

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi ITS PKU Muhammadiyah Solo, Ida Untari menyebut peluncuran aplikasi SIAPMu itu merupakan hasil kerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dia mengatakan aplikasi itu bertujuan mengintegrasikan sistem tata usaha di perguruan tinggi Muhammadiyah Kota Solo.

Ida menyebut sejauh ini administrasi seperti surat menyurat dilakukan secara manual menggunakan kertas, dengan aplikasi tersebut administrasi bisa dilakukan secara digital. “Tujuannya meningkatkan secara kualitas di semua perguruan Muhammadiyah di Kota Solo baik itu SD, SMP, dan SMA,” lanjut dia.

Lewat aplikasi buatan Prodi S1 Informatika Fakultas Sains dan Teknologi pihak sekolah bakal dipermudah , karena cara penggunaannya pun efisien.

“Kami mengupayakan yang semula manual menjadi digital, banyak kertas yang tersisa sekarang sudah paperless. Sehingga harapannya proses manajemen sekolah bisa lebih maju,” lanjut dia.

Terlebih, menurut dia, melalui aplikasi tersebut sekolah bakal dengan mudah menerima informasi dari Majelis Dikdasmen PDM Kota Solo. Ida menyebut bakal ada admin yang bertugas menjalankan aplikasi tersebut.

Selain itu, aplikasi yang dibuat dosen S1 Sains dan Teknologi sekaligus menjadi program pengabdian kepada masyarakat. Dia mengatakan proses pembuatan aplikasi membutuhkan waktu selama satu semester lebih, dari mulai pembuatan sampai uji coba.

“Harapannya bisa berkembang, dan servernya kita tanggung dari ITS PKU Muhammadiyah,” kat dia.

Ketua Forum Guru Muhammadiyah, Muhdiyatmoko, menyebut aplikasi SIAPMu memiliki banyak manfaat terutama bagi praktisi pendidikan di perguruan Muhammadiyah.

Dia mengatakan aplikasi itu mempermudah komunikasi antara Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan Dikdasmen. Selain itu selama ini tidak ada database yang terpusat, dengan SIAPMu menurut dia bakal lebih mudah untuk mengakses dan mengirim data.

“Karena era sekarang itu digital, sehingga majelis pendidikan melek IT, kolaborasi, dan prestasi. Nah melet IT di sini, saya kira sangat relevan. Jadi ini memudahkan pekerjaan sekolah maupun majelis pendidikan,” kata dia.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, mengatakan melalui aplikasi itu diharapkan membawa manfaat untuk AUM di Kota Solo.

Dia mengatakan ITS PKU Muhammadiyah Solo juga siap mengawal kemajuan majelis atau lembaga di internal Muhammadiyah dalam bidang teknologi.

“Saat ini kita memiliki prodi S1 Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi yang siap mengawal kemajuan majelis dan organisasi otonom,” kata dia.

Acara peluncuran tersebut dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan atau workshop aplikasi SIAPMu dan dilanjutkan seminar digitalisasi pendidikan. Serangkaian acara itu dihadiri oleh perwakilan perguruan Muhammadiyah di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya