SOLOPOS.COM - Sebanyak 183 wisudawan Institute Teknologi Sains dan Kesehatan atau ITS PKU Muhammadiyah Solo resmi dilepas di Ballroom The Alana Hotel, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (18/3/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati).

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 183 wisudawan Institute Teknologi Sains dan Kesehatan atau ITS PKU Muhammadiyah Solo resmi dilepas di Ballroom The Alana Hotel, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (18/3/2023).

Turut hadir dalam acara Ketua Badan Pembina Harian ITS PKU Muhammadiyah Solo , Sofyan Hanif; Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kota Solo, Subar;  dan beberapa direktur rumah sakit di Soloraya.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, mengatakan sidang senat terbuka ini dalam rangka melepas sarjana dan sarjana terapan yang ke-30. Menurutnya 

Dia menambahkan para wisudawan berasal dari Fakultas Kesehatan sebanyak 174 wisudawan terdiri dari 160 S1 Keperawatan dan 14 S1 Gizi. “Selanjutnya dari Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 9 wisudawan dari Sarjana terapan Teknik Elektromedik,” kata dia dalam sambutan, Sabtu (18/3/2023).

Dia meyakini lulusan ITS PKU Muhammadiyah mampu beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu cepat. Menurutnya hal ini selaras dengan visi perguruan tinggi yang berusaha membangun karakter Islam Berkemajuan. 

“Fondasi ini penting dalam mentransformasikan menjadi research university, innovative and entrepreneurial university, serta menjadi garda terdepan penjaga marwah dan kedaulatan bangsa,” tambah dia.

Menurutnya untuk mewujudkan hal itu, setidaknya ada empat modal utama yang harus dipersiapkan, yakni kesiapan modal identitas kampus yang kuat, sumber daya manusia, sumber daya teknologi informasi, dan sumber daya organisasi. “Selain itu, perubahan mindset dan mental untuk berubah juga sangatlah penting,” tutur dia.

Dia menambahkan sejauh ini sudah ada belasan penghargaan yang diterima oleh kampus yang dia pimpin itu. Beberapa diantaranya menjadi kampus kesehatan terbaik dalam penghargaan Solo Best Brand & Innovation (SBBI) Awards 2023.

“Selain itu ada PKM Award sebagai Perguruan Tinggi Terbaik Cluster 5 penghargaan dari kemendikbud, lalu pemenang dan penerima hibah dari Kemenristek Dikti dalam program bantuan riset di bidang inovasi pembelajaran tahun 2022,” tambah dia.

Dia mengatakan saat ini mimpi ITS PKU Muhammadiyah adalah mengembangkan Kampus II dengan Konsep Holding Bisnis di Jl. Adi Sumarmo Solo. Weni menargetkan pengembangan itu dapat terwujud tahun ini. 

Weni berpesan kepada para wisudawan bahwa sebuah keberhasilan, selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh kedewasaan, perilaku, kemandirian, dan kerja keras. “Masyarakat dan bangsa ini menanti kontribusi saudara. Inilah salah satu amanah kesarjanaan yang kita sandang,” tutur dia.

Ketua BPH ITS Solo, Sofyan Hanif, menuturkan agar para wisudawan mengingat momen wisuda ini bukan dari sebuah akhir dari perjuangan melainkan pemberhentian sementara.

“Artinya dunia ke depan perubahan tidak berhenti, kita tidak bisa hanya puas dengan ilmu di kampus, dengan perkembangan Iptek yang pesat harus responsif,” kata dia. Lebih lanjut, lulusan ITS PKU Muhammadiyah Solo harus mau berkomitmen untuk mengabdi kepada masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya