SOLOPOS.COM - Presiden Inter Milan, Erick Thohir. JIBI/inter.it

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diisukan mempunyai proyek di PT Garuda Indonesia Tbk. melalui perusahaan Mahaka Group.

Proyek tersebut berhubungan dengan peluncuran pesawat jenis Airbus A300-900 Neo yang baru saja didatangkan dari pabrik Airbus di Toulouse, Prancis beberapa waktu lalu.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Namun, hal tersebut dibantah langsung oleh Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga. Bantahan disampaikan Arya dalam Indonesia Lawyer Club (ILC) TVOne, Selasa (10/12/2019) malam.

Arya Sinulingga mengatakan bahwa Erick Thohir saat ini tidak menduduki jabatan apapun di Mahaka Group. Bahkan, dia mengaku sudah meminta konfirmasi langsung ke Erick Thohir soal isu itu.

Dituding Sengaja Cederai Evan Dimas, Vietnam Menang Tak Fair?

"Pertama, Mahaka itu perusahaan publik yang sudah lama main-main di perusahaan media, artinya di bidang promosi dan sebagainya. Kedua, Pak Erick sudah mundur dari semua manajemen Mahaka. Ketiga, saat Pak Erick saya beri tahu tentang kabar ini, dia bilang, 'apa ini?'," ujar Arya Sinulingga.

Arya juga mengaku telah mencoba menanyakan hal tersebut kepada manajamen Mahaka. Saat ini Mahaka memegang proyek senilai Rp300 juta untuk proses peluncuran (launching) pesawat, namun dengan pekerjaan mengelola artis yang akan menjadi bintang tamu.

Pohon Beringin Tumbang Tutup Separuh Badan Jl. R.M. Said Solo

"Saya tanya teman-teman di Mahaka. Ini proyek memang bener. Saya beri tahu angkanya Rp300 juta, ada proses launching. Mahaka kebagian proyek untuk artis. Itu kan kecil," bebernya.

"Ini membuktikan juga bahwa meski ada proyek untuk Mahaka, enggak ngaruh. AA [Ari Ashkara] juga dipecat juga. Artinya, ini enggak ngaruh. Yang pasti itu tidak memundurkan Pak Erick tahu bahwa Dirut Garuda salah, semuanya diganti," tukasnya.

Diteror King Cobra, Pemilik Warung Mi Ayam di Klaten Ngungsi



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Jelang Sidang, Hakim MK Ancam Push-Up Pengacara Termohon karena Telat Datang

Jelang Sidang, Hakim MK Ancam Push-Up Pengacara Termohon karena Telat Datang
author
Mariyana Ricky P.D Jumat, 3 Mei 2024 - 10:20 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (kanan) mengetuk palu disaksikan Hakim Konstitusi Saldi Isra (kiri) saat sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wpa.

Solopos.com, JAKARTA — Mahkamah Konstitusi (MK) kembali melanjutkan sidang perkara sengketa hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 pada hari ini, Jumat (3/5/2024).

Dalam sidang yang berlangsung di Panel 2, Hakim Konstitusi Saldi Isra sempat “mengancam” untuk menyetrap salah seorang penasihat hukum pemohon karena terlambat datang ke ruang sidang di Gedung MK, Jakarta Pusat.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Mulanya, penasihat hukum perkara 78-01-04-34/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 dari Partai Golkar selaku pemohon hendak menyampaikan pokok permohonannya kepada majelis hakim.

Tiba-tiba, penasihat hukum perkara 117-02-01-34/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 atas nama perseorangan Sius Dowansiba, Heriyanto, menyela penyampaian pokok permohonan tersebut untuk memperkenalkan diri.

Koran Solopos

“Mohon izin, Yang Mulia,” katanya kepada majelis hakim. Namun, penyampaian pokok permohonan tetap dilanjutkan, sehingga suara kedua pemohon menjadi kurang jelas. Hakim Saldi lantas berupaya menengahi hal ini.

“Siapa yang minta mohon izin tadi?” tanya Saldi. Heriyanto kemudian memperkenalkan diri sebagai kuasa hukum pemohon nomor 117. Dia meminta maaf karena datang terlambat ke ruang sidang.

“Nanti enggak boleh lagi terlambat, ya,” jawab Saldi. “Nanti kalau terlambat terus, susah kita. Nanti disetrap pakai apa? Pakai push-up?” timpal Saldi sembari tersenyum.

Emagazine Solopos

Dia kemudian mempersilakan penasihat hukum perkara nomor 78, Alberthus, untuk melanjutkan penyampaian pokok permohonannya.

Sebagai informasi, sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pileg 2024 kembali digelar Mahkamah Konstitusi pada hari ini, Jumat (3/5/2024).

Sidang perkara sengketa hasil Pileg 2024 masih digelar MK dalam tiga panel dengan masing-masing menghadirkan tiga hakim konstitusi. Hari ini, MK menyidangkan 60 dari total 297 perkara, dengan seluruhnya berisi acara pemeriksaan pendahuluan.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Catat! Ini Manfaat Mandi Air Dingin dan Air Hangat setelah Olahraga

Catat! Ini Manfaat Mandi Air Dingin dan Air Hangat setelah Olahraga
author
Astrid Prihatini WD Jumat, 3 Mei 2024 - 10:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mandi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mandi setelah olahraga tentunya sangat bermanfaat lantaran menyegarkan bagi tubuh dan merontokkan bakteri serta keringat yang menempel di  tubuh. Lalu sebaiknya mandi air dingin atau hangat ya setelah olahraga? Simak ulasannya di info sehat ini.

Banyak masyarakat yang mengatakan mandi air dingin lebih baik dibandingkan mandi air hangat setelah olahraga.  Hal ini lantaran air dingin bisa menyegarkan tubuh setelah olahraga.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Mandi dengan air dingin maupun hangat sama-sama memiliki manfaat baik untuk tubuh, hanya saja manfaat tersebut memiliki keutamaan yang berbeda.
Dilansir Medical News Today dan Healthline, secara singkat mandi menggunakan air dingin bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, sedangkan air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur.

Berikut manfaat mandi menggunakan air dingin dan air hangat setelah olahraga dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (3/5/2024):

Koran Solopos

Manfaat mandi Air Dingin

1. Meredakan Nyeri

Sebuah penelitian pada 2014 menyarankan mandi menggunakan air dingin karena mampu meredakan efek nyeri pada otot yang kerap terjadi setelah olahraga.
Selain itu, di tahun 2019 terdapat penelitian yang menemukan bahwa air dingin baik untuk meningkatkan hidrasi dengan mendinginkan tubuh.
Sel darah akan mengalir keluar secara baik untuk mengantarkan oksigen ke seluruh organ tubuh, sehingga sirkulasi darah berjalan dengan optimal.

2. Menurunkan Kadar Hormon Kortisol

Manfaat mandi air dingin setelah olahraga yaitu menurunkan kadar hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang bertugas untuk melimpahkan energi ketika tubuh sedang dalam kondisi stress atau tekanan.  Kadar hormon ini bisa diturunkan secara perlahan ketika tubuh sedang berolahraga sehingga banyak ahli kesehatan mengatakan olahraga dapat meredakan stress yang berlebih.

Tak hanya itu, mandi menggunakan air dingin setelah olahraga bermanfaat untuk meredakan kadar kortisol dalam darah dan dapat membantu mengurangi tingkat stress.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Setelah olahraga, otot pada tubuh akan merasakan sakit karena otot bereaksi terhadap gerakan yang terjadi.
Pada tahun 2014 terdapat penelitian yang menemukan bahwa paparan air dingin menimbulkan reaksi bernama analgesia akibat stress.

SIA adalah kurangnya respons sakit selama atau setelah paparan terhadap reaksi stress. Tak heran jika para atlet kerap berendam di air dingin untuk meredakan rasa sakit dan nyeri selama atau setelah latihan.

Emagazine Solopos

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selain meredakan nyeri dan sakit, mandi dengan air dingin dapat membantu sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan jantung.  Saat air dingin mengenai bagian tubuh, hal itu akan membatasi sirkulasi di permukaan tubuh yang menyebabkan darah di jaringan yang lebih dalam bersirkulasi lebih cepat untuk menjaga suhu tubuh.

Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan mengurangi peradangan di bagian otot yang berkontraksi akibat olahraga.

5. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Selain meredakan nyeri pada otot, manfaat lainnya adalah menyehatkan tubuh dan kulit setelah berolahraga. Air dingin mampu mengencangkan kulit tubuh sehingga tampak lebih sehat.

Air dingin juga dapat menutup dan memperkuat jaringan bawah rambut sehingga rambut tidak mudah rontok. Paparan air dingin membuat kulit tetap terhidrasi dan mencegah dari kulit kering yang biasanya disebabkan ketika mandi menggunakan air hangat.

Setelah tahu manfaat mandi pakai air dingin setelah olahraga, ketahui juga manfaat mandi air hangat:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari catatan hidroterapi, mandi menggunakan air hangat mampu meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung kronis. Hal ini disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah ketika bereaksi dengan suhu tinggi.

Air hangat dapat membuat arteri menjadi lebih fleksibel dan mencegah kekakuan yang dapat menyebabkan kardiovaskular aterosklerosis, penyebab tekanan darah tinggi.

Interaktif Solopos

2. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Sendi

Aliran darah yang bersirkulasi dengan baik membantu menenangkan sendi kaku dan otot yang lelah. Manfaat ini tidak jauh berbeda ketika mandi menggunakan air dingin.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menguji 96 peserta menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama hanya menerima pengobatan osteoarthritis standar. Sedangkan dua kelompok lainnya menjalani pengobatan osteoarthritis standar dengan terapi air dingin atau air panas.  Hasilnya, kedua kelompok menunjukan penurunan rasa sakit dan adanya peningkatan pada fungsi lutut.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi air hangat setelah olahraga juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan tentunya sangat baik bagi pengidap insomnia.
Alasannya adalah air hangat dapat memberikan sensasi rileks pada otot tubuh. Hal ini membuat efek menenangkan sehingga seseorang jauh lebih mudah tertidur setelah mandi air hangat.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Mandi atau berendam menggunakan air hangat berguna untuk kesehatan otak. Salah satu studi tahun 2018 meneliti delapan laki-laki untuk mandi menggunakan air hangat.

Penelitian itu bertujuan untuk melihat reaksi mandi air hangat terhadap faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).  Hasilnya, mandi menggunakan air hangat memiliki tingkat BDNF jauh lebih tinggi, sehingga para peneliti menyimpulkan hipertermia dapat meningkatkan produksi BDNF

5. Menghilangkan Kotoran

Mandi menggunakan air hangat mampu membuka pori-pori kulit sehingga baik untuk menghilangkan kotoran setelah mandi. Air hangat dapat menghilangkan minyak maupun debu secara baik, dibandingkan mandi menggunakan air dingin.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Setelah Olahraga Lebih Baik Mandi Air Hangat atau Air Dingin? Ini Penjelasannya



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Daftar Nama Caleg Terpilih DPRD Wonogiri yang Ditetapkan KPU, PDIP Terbanyak

Daftar Nama Caleg Terpilih DPRD Wonogiri yang Ditetapkan KPU, PDIP Terbanyak
author
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 10:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan calon anggota legislatif. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri menetapkan calon anggota legislatif (caleg) terpilih untuk DPRD Wonogiri dalam Pemilu 2024, Kamis (2/4/2024). Kendati begitu, penetapan caleg terpilih itu dimungkinkan masih ada perubahan.

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, mengatakan KPU Wonogiri telah menggelar pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai dan caleg terpilih DPRD Wonogiri Pemilu 2024.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Pleno penetapan itu dilaksanakan KPU Wonogiri mendapatkan surat keterangan dari KPU yang menyatakan tidak ada perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Kabupaten Wonogiri.

Rapat pleno terbuka itu dihadiri sejumlah wakil partai politik peserta Pemilu 2024 di Wonogiri. Adapun hasil rapat pleno itu menyatakan enam parpol mendapatkan jatah kursi di DPRD Wonogiri.

Koran Solopos

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan 27 kursi, Partai Golkar tujuh kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dua kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lima kursi, Partai Demokrat dua kursi, Partai Gerindra empat kursi, dan Partai Amanat Nasional (PAN) tiga kursi.

Adapun daftar nama caleg terpilih DPRD Wonogiri sebagai berikut:

Dapil I
1. Ari Sumantri (PDIP)
2. Bambang Sadriyanto (PDIP)
3. Reni Toriliana (Partai Golkar)
4. Urin Tri Hartono (PDIP)
5. Wawan Arifinato (PKS)
6. Azalea Puteri Utami (PDIP)
7. Arum Subekti (Gerindra)
8. Margono (PDIP)
9. Dwi Prasetyo (PAN)
10. Widiyatno (Partai Golkar)
11. Yukanan Supriyanto (PDIP)

Emagazine Solopos

Dapil II
1. Sri Rejeki (PDIP)
2. Sutoyo (PDIP)
3. Any Wahyu Setiawati (PDIP)
4. Sugeng Ahmady (Partai Golkar)
5. Ruderikus Wiwoho Adi Sasono (PDIP)
6. Imron Rizkiyarno (Gerindra)
7. Yekti Dwi Retno (PAN)
8. Kisyanti (PDIP)
9. Nyamik Saptati (PKS)
10. Sarwo (PDIP)

Dapil III
1. Sriyono (PDIP)
2. Astarno (PDIP)
3. Gunariyanto (Partai Golkar)
4. Catur Winarko (PDIP)
5. Suryo Suminto (Gerindra)
6. Mariji (PDIP)
7. Iwan Susilo (PKS)
8. Suyoto (PDIP)
9. Yudhi Sri Cahyono (PDIP)
10. Hamid Kurniawan (Partai Golkar)

Dapil IV
1. Gimanto (PDIP)
2. Supriyanto (PDIP)
3. Krisyanto (PKS)
4. Titik Sugiyarti (PDIP)
5. Susanto (Partai Demokrat)
6. Dani Mursito (PDIP)
7. Heru Sukoco (PDIP)
8. Ahmad Nasir (PKB)
9. Jati Waluyo (Partai Gerindra)
10. Rusdiana (PDIP)

Interaktif Solopos

Dapil V
1. Lutfi Angga Pradana (PDIP)
2. Novri Roesmono (PDIP)
3. Intan Kusuma Susanti (Partai Golkar)
4. Joko Warsito (PKS)
5. Irwan Hari Purnomo (PDIP)
6. Abdullah (PKB)
7. Romandhani Andang Nugroho (PDIP)
8. Sugiharno (Partai Demokrat)
9. Iskandar (PAN).

Satya menyebutkan daftar caleg terpilih itu sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan KPU Wonogiri No. 1022/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Wonogiri dalam Pemilu 2024. Meski sudah ditetapkan dan diputuskan melalui surat keputusan, daftar calon terpilih ini masih bisa ada perubahan.

Dia mengatakan dalam PKPU No.6/2024, calon terpilih bisa diganti antara lain apabila dinyatakan meninggal dunia, mengundurkan diri, dan terbukti melakukan tindak pidana Pemilu.



Pada rapat pleno penetapan caleg terpilih itu, PDIP Wonogiri mengajukan enam caleg yang mengundurkan diri. KPU Wonogiri menerima berkas awal nama-nama caleg yang mengundurkan diri tersebut.

Akan tetapi, penetapan caleg terpilih masih belum ada perubahan. Perubahan penetapan caleg terpilih itu dilakukan setelah ada KPU meminta klarifikasi kepada pimpinan Partai PDIP Wonogiri yang dibuktikan dengan berkas-berkas pengunduran diri caleg sebagai caleg terpilih atau calon anggota DPRD Wonogiri.

”Jadi ini penetapan ini masih dimungkinkan ada perubahan. Setelah kami meminta klarifikasi kepada PDIP, kami akan menggelar pleno penetapan kembali,” ujar Satya kepada Solopos.com, Jumat (3/5/2024).

Koordinator Kesekretariatan DPC PDIP Wonogiri, Firas Febriawan, menyampaikan PDIP Wonogiri mengusulkan enam caleg yang mengundurkan diri.

Pengunduran diri itu berkaitan dengan aturan internal partai ihwal penetapan caleg terpilih konsekuensi dari penerapan strategi pemenangan Komandan Tempur (KomandanTe) Stelsel.

“Enam caleg itu mengundurkan diri karena penghitungan penetapan caleg KomandanTe Stelsel,” kata Firas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories