SOLOPOS.COM - Bocoran Grace Natalie Soal Pertemuan Jokowi dengan Ketum PSI Kaesang di Bandung. Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024). (Istimewa/Doc PSI)

Solopos.com, JAKARTA – Muncul isu yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo menawarkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ke sejumlah partai agar diusung menjadi calon wakil gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Namun, isu itu dibantah oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Zulhas mengaku bingung dengan isu yang dihembuskan oleh Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi. Zulhas yang mengaku sering bertemu Jokowi malah tidak tahu apabila orang nomor satu di Indonesia sampai menjajakan Kaesang ke parta-partai politik.

Promosi Tegaskan Komitmen pada Ekonomi Hijau, BRI Tawarkan KPR Green Financing

“Ah enggak benar. Kapan sekjen PKS ketemu Pak Jokowi? Tahu dari mana dia? Kapan ketemunya? Kok kayak pernah ngobrol gitu, enggak pernah,” kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Sabtu (29/6/2024).

Menteri Perdagangan ini menyatakan sudah pernah menanyakan langsung ke Jokowi perihal wacana Kaesang maju Pilkada 2024. Malahan, klaim Zulhas, Jokowi yang tidak ingin Kaesang diusung partai politik dalam pemilihan kepada daerah tahun ini.

“Saya ketemu, nanya. Hayo, bener saya atau benar sana [Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi]? Gitu loh,” ujarnya.

Di samping itu, Zulhas juga tidak membantah apabila partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) memang sempat membicarakan peluang untuk mengusung Kaesang menjadi cawagub Jakarta 2024.

Meski demikian, dia menyatakan KIM masih melihat dinamika politik ke depan sehingga belum akan ada keputusan final dalam waktu dekat. KIM sendiri terdiri dari PAN, Golkar, Gerindra, Demokrat, hingga PSI.

Sebelumnya, Aboe sendiri tidak menjelaskan ke partai politik mana Jokowi menyodorkan Kaesang agar usung menjadi cawagub Jakarta 2024. Dia hanya menjelaskan, ketua umum PSI itu pasti akan maju menjadi cawagub.

“Sudah, sudah, sudah nyodorkan [Jokowi sodorkan Kaesang untuk jadi cawagub Jakarta 2024]. Sudah nyodorkan, kita lihat aja,” ungkap Aboe kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Anggota Komisi III DPR ini mengaku sudah tidak heran dengan kelakuan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Menurutnya, sudah kebiasaan Jokowi ikut cawe-cawe atau terlibat langsung dalam kontestasi pemilihan pemimpin yang seharusnya secara demokratis.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Zulhas Bantah Jokowi Jajakan Kaesang Agar Jadi Cawagub Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya