SOLOPOS.COM - Foto yang diambil dari rekaman video yang diunggah di sebuah situs aktivis Suriah menunjukkan kilatan akibat ledakan dari serangan udara Israel di kawasan dekat Ibukota Suriah, Damaskus, Minggu (5/5/2013) dini hari waktu setempat. Serangan udara Israel itu diyakini ditujukan ke gudang penyimpanan rudal yang disebut bakal dikirimkan ke kelompok militan Hisbullah di Lebanon. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Solopos.com, SOLO – Kongres Amerika Serikat (AS) menyetujui bantuan dana kepada pemerintah Israel sebesar US$225 juta atau senilai Rp2,6 triliun. Keputusan tersebut dilandasi atas klaim Israel yang menyebutkan dua tentara mereka tewas di tangan Palestina di sebuah terowongan tersembunyi milik kelompok Hamas.

VOA, Sabtu (2/8/2014), melaporkan pemberian dana bantuan tersebut kini tengah dalam proses akhir yakni menunggu persetujuan dari Presiden AS Barrack Obama. Setelah mendapat tanda tangan dari Obama, dana tersebut akan segera diberikan kepada Israel untuk pembiayaan rudal pertahanan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Sebelumnya pada Jumat (1/8/2014), Obama menegaskan dukungannya pada pemerintah Israel yang menurutnya memiliki hak untuk membela diri. Ia juga menyerukan pada kelompok Hamas untuk membebasan prajurit Israel yang diduga telah diculik oleh mereka.

Tentara Israel  yakni Letnan Hadar Goldin, 23, diduga mengalami penculikan oleh kelompok Hamas pada Jumat pukul 09.30 waktu setempat sekitar 90 menit setelah gencatan senjata kemanusiaan Israel dan Palestina dilakukan. Militer Israel melaporkan tengah mencari tentara mereka yang hilang dan mengirimkan pesan teks kepada warga untuk tetap berlindung di dalam rumah.

Setidaknya 140 warga Palestina dan dua tentara Israel tewas pada hari Jumat (1/8/2014). Serangan udara dan darat terus menerus menggempur wilayah Palestina sehigga menewaskan banyak warga sipil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya