SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yerusalem–Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Minggu menyerukan Palestina memulai kembali perundingan perdamaian setelah Washington mendukung sikapnya mengenai masalah-masalah permukiman yang mengganjal upaya itu.

“Saya sangat mengharapkan Palestina akan dapat memahami dan memulai proses perdamaian,” kata Netanyahu pada awal sidang kabinet mingguan. “Proses perdamaian adalah keinginan Israel begitu juga bagi banyak warga Palestina.”

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

PM itu mengemukakan hal tersebut sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton memuji sikapnya “yang belum terjadi sebelumnya” mengenai permukiman-permukiman itu dan mendukung seruannya bahwa perundingan-perundingan harus dimulai kendatipun Palestina bersikeras bahwa Israel harus terlebih dulu membekukan semua kegiatan pembangunan permukiman di wilayah Tepi Barat yang diduduki negara Yahudi itu.

Bermodalkan dukungan AS itu, Netanyahu mengecam Palestina karena “menetapkan prasyarat-prasyarat.”

“Kami telah menunjukkan kesediaan untuk melakukan hal-hal yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memulai kembali proses perdamaian,” katanya. “Tetapi kami menghadapi penentangan dari Palestina. Kami akan  mendapat prasyarat-prasyarat dari Palestina yang telah ditetapkan dalam 16 tahun proses perdamaian.”

Palestina beralasan bahwa penghentian pembangunan permukiman bukan satu prasyarat yang mereka tetapkan, tetapi satu kewajiban yang harus ditaati Israel ketika negara itu menandatangani peta jalan internasional bagi perdamaian Timur Tengah.

Masyarakat internasional menganggap permukiman-permukiman Israel di wilayah Palestina itu sebagai ilegal.

 

Ant/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya