SOLOPOS.COM - Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane (Dok/JIBI)

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia Police Watch (IPW) meyakini bahwa saat ini gerakan radikal Islamic State of Iraq and Syam/Syuria (ISIS) semakin cepat penyebarannya di Indonesia.

Dari penelusuran IPW, beberapa wilayah yang sudah disusupi ideologi ekstrimis ISIS adalah Di Yogyakarta, Malang, Solo, Bekasi, Pamulang dan sebagian besar di wilayah Sulteng.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bahkan menurut Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, ada beberapa simpatisan ISIS yang menyusup menjadi relawan salah satu pasangan capres-cawapres. Namun, Neta tidak menjelaskan lebih jauh pasangan capres-cawapres mana yang berhasil disusupi simpatisan ISIS.

“Ada beberapa simpatisan ISIS menjadi relawan capres-cawapres,” tutur Neta kepada Bisnis.com, di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Menurut Neta, sosialisasi dan rekrutmen ISIS sudah mulai terlihat agresif sejak dua sampai tiga bulan yang lalu. Kendati demikian, gerakannya masih terbatas di antaranya di Pulau Jawa.

Namun, lanjut Neta, ISIS saat ini mulai mencoba masuk ke wilayah Sumatera melalui Lampung dan masuk ke wilayah Sulawesi melalui perbatasan Sulteng dan Sulsel.

Oleh karena itu, IPW mendesak pihak Kepolisian untuk mencermati gerakan radikal ISIS di Indonesia. Sehingga, penyebarannya di Indonesia dapat segera dihentikan.

“Polri perlu secara agresif mencermati manuver ISIS di Indonesia,” kata Neta.

Jika penyebarannya tidak segera dihentikan, maka gerakan radikal ISIS dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu.

“Jangan sampai kelompok politik tertentu merekrut atau berkoalisi dengan ISIS. Sebab ISIS sendiri berusaha masuk ke kantong-kantong kelompok radikal dan wilayah penyanggah kota-kota
besar,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya