SOLOPOS.COM - Tangkapan layar surat terbuka yang ditulis Rafael Alun Trisambodo. (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani mencopot Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan II, Jumat (24/2/2023). Pada hari yang sama, Jumat, Rafael Alun secara resmi mengundurkan diri sebagai aparatur sipil negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak.

Rafael menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan dan sebagai ASN Direktorat Jenderal Pajak mulai Jumat (24/2/2023) melalui surat terbuka bermaterai dan ditandatangani Rafael Alun Trisambodo.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Bersama ini, saya Rafael Alun Trisambodo menyatakan pengunduran diri atas jabatan dan status saya sebagai Aparatur Sipil Negara Direktorat Jenderal Pajak mulai Jumat 24 Februari 2023,” kata Rafael dalam surat terbuka itu.

Atas pengunduruan diri ini, ia akan mengikuti prosedur pengunduran diri di Direktorat Jenderal Pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dia juga berkomitmen tetap akan menjalani proses klarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan mematuhi proses hukum yang berlaku atas kejadian yang dilakukan anaknya.

Melalui surat terbuka itu, Rafel menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh keluarga David atas perbuatan yang dilakukan anaknya Mario Dandy Satriyo. Dia juga mendoakan David agar diberikan perlindungan dan pemulihan sampai sehat lagi.

“Saya menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan oleh anak saya tidak benar dan telah merugikan banyak pihak,” kata pejabat eselon III itu.

Ia juga memohon maaf sebesar-besarnya kepada keluarga besar PBNU, GP Ansor, dan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Ia juga meminta maaf kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan, terutama rakan-rekan DJP yang sudah sangat dirugikan atas kejadian ini.

“Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya dan saya sangat mengharapkan pemberian maaf dari seluruh pihak yang terkait dengan kejadian ini, terima kasih,” tulis Rafael.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya