SOLOPOS.COM - Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melakukan penjajakan kerja sama dengan Kampus Aswara Kualalumpur dan Lembaga Persatuan Jawa Parit Bugis Muar Johor (Kraton Mbah Anang) di Johor, Malaysia. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melakukan penjajakan kerja sama dengan Kampus Aswara Kualalumpur dan Lembaga Persatuan Jawa Parit Bugis Muar Johor (Kraton Mbah Anang) di Johor, Malaysia.

Kegiatan tersebut diwakili oleh Jurusan Karawitan, Etnomusikologi dan Prodi Teater Fakultas Seni Pertunjukan. Selain melakukan penjajakan kerja sama, ISI Solo yang diwakili beberapa jurusan itu, juga mengadakan kolaborasi persembahan atau pentas gamelan Jawa dan gamelan Melayu bersama Pusat Seni Pentas Tradisional (Putra) Akademi Seni Budaya dan Warisan Kebangsaaan (Aswara) Malaysia.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kolaborasi tersebut diselenggarakan di Aswara Malaysia 24 Juli hingga 30 Juli 2023. Kerja sama yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu juga menampilkan kolaborasi antara kumpulan Gangsapura, kumpulan Koir Aswara, kumpulan Genius Seni Tari, serta penampilan khas Tokoh Adiguru (Gamelan Melayu dan Seni Terengganu).

Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melakukan penjajakan kerja sama dengan Kampus Aswara Kualalumpur dan Lembaga Persatuan Jawa Parit Bugis Muar Johor (Kraton Mbah Anang) di Johor, Malaysia.
Institut Seni Indonesia (ISI) Solo melakukan penjajakan kerja sama dengan Kampus Aswara Kualalumpur dan Lembaga Persatuan Jawa Parit Bugis Muar Johor (Kraton Mbah Anang) di Johor, Malaysia.

Lebih lanjut, menurut Danis dari Jurusan Karawitan ISI Solo, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan juga mengadakan kunjungan balasan ke Kraton Mbah Anang Johor Malaysia. Kunjungan in merupakan tindak lanjut dari pertemuan kedua pihak di Solo.

“Kunjungan balasan ini guna menjalin kerja sama dengan Persatuan Jawa Parit Bugis Muar Johor,” kata dia, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (26/7/2023).

Kraton Mbah Anang Johor juga mempunyai fasilitas gamelan dan wayang. Keberadaan fasilitas itu diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong terjalinnya kerja sama kedua belah pihak dalam bidang seni pertunjukan. Pelindung Kraton Mbah Anang, Johari, berharap ke depan lebih maju dalam melestarikan seni tradisional Jawa di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya