SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi. (IJIBI/Solopos/Istimewa)

Investasi Indonesia dinilai menarik oleh para investor asal India.

Solopos.com, JAKARTA – Investor dari India mengaku tertarik menjalin kerja sama ekonomi dengan menanamkan investasi besar di Indonesia. Apa alasannya?

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari mengatakan dengan aturan demokrasi yang terus hidup, potensi ekonomi Indonesia siap untuk lepas landas.

Menurut dia, ekonomi yang besar, perbaikan iklim investasi, tenaga kerja muda yang terlatih, dan sumber daya alam yang melimpah, menjadikan Indonesia mitra strategis untuk India.

“Saya tahu Indonesia juga telah mengeluarkan serangkaian kebijakan reformasi ekonomi yang melibatkan langkah deregulasi besar,” ujarnya saat berpidato dalam Forum Bisnis Indonesia-India di Jakarta, Selasa (3/11/215).

Dia meyakini langkah deregulasi itu bertujuan untuk menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi sehingga bisa menciptakan peluang kolaborasi bisnis antara kedua negara.

Dengan demikian, sambung dia, potensi kerja sama perdagangan bilateral dan investasi bisnis bisa terjalin dengan maksimal.

India merupakan pembeli terbesar minyak sawit mentah dari Indonesia. Negeri Taj Mahal itu juga mengimpor batubara, mineral, karet, kertas, dan hidrokarbon dalam jumlah yang signifikan.

Di sisi lain, India mengekspor produk olahan minyak bumi, jagung, kendaraan komersial, peralatan telekomunikasi, dan biji minyak ke Indonesia.

Secara nominal, Indonesia tercatat mengalami surplus perdagangan dengan India, dengan nilai ekspor sekitar US$15 miliar, dan impor US$4 miliar pada periode 2014-2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya