SOLOPOS.COM - Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta sukses menggelar sidang senat terbuka wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma 3 Periode Tahun 2023, Selasa (31/10/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta sukses menggelar sidang senat terbuka wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma 3 Periode Tahun 2023, Selasa (31/10/2023).

Pada periode Tahun ini IIM Surakarta meluluskan 410 dari Mahasiswa S1 dan Diploma 3. Sedangkan dari sekolah Pascasarjana meluluskan 40 Mahasiswa.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Pascasarjana IIM Surakarta kali pertama mewisuda 40 mahasiswa. Sebanyak 40 wisudawan tersebut, 92.5% mahasiswa lulus dengan artikel publikasi ilmiah atau lulus tanpa ujian munaqosah, dan 7.5 % lulus dengan ujian munaqosah.

Menurut Pasal 54 Undang-Undang Nomor. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi (Undang-Undang Dikti) dan Surat Edaran Nomor: B/323/B.B1 /SE/2019 publikasi karya ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor yang mewajibkan syarat kelulusan Program Magister selain menyusun Tesis, yaitu dengan publikasi karya ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima untuk diterbitkan di Jurnal Internasional.

Guna merealisasikan undang-undang tersebut dan memajukan publikasi ilmiah di lingkungan Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta termasuk program pascasarjana maka artikel publikasi ilmiah menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa.

Institut Islam Mambaul Ulum
Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta sukses menggelar sidang senat terbuka wisuda Magister, Sarjana, dan Diploma 3 Periode Tahun 2023, Selasa (31/10/2023). (Istimewa).

Tujuannya yakni mewujudkan luaran berupa artikel publikasi ilmiah sebagai kelulusan maka Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta memfasilitasi mahasiswa dengan workshop, seminar dan pelatihan penulisan artikel publikasi ilmiah.

Direktur pasacsarjana IIM Surakarta Dr. Meti Fatimah, M.Pd.I menjelaskan lebih lanjut artikel publikasi ilmiah sebagai syarat kelulusan bertujuan membangun budaya menulis khususnya disekolah pascasarjana.

Selain membangun budaya menulis juga untuk meningkatkan kualitas mahasiswa serta meningkatkatkan reputasi pascasarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta menuju World Class Islamic Institute.

Target kedepan artikel dari mahasiswa Pascasarjana IIM Surakarta bisa tembus ke Jurnal Internasional Bereputasi (Scopus).

Direktur Pascasarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta juga mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk bapak ibu pembimbing, bapak ibu pimpinan yang telah ikut andil dalam kelancaran perkuliahan Sekolah Pascasarjana.

“Sehingga mahasiswa pascasarjana lulus sesuai target dan waktu yang sudah ditentukan. Dan terimakasih juga pada mahasiswa Pascasarjana IIM Surakarta yang dengan semangat menyelesaikan kuliah sehingga, slogan mlebu bareng metu bareng-bareng Alhamdulillah terlaksana dengan lancar,” kata Meti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya