SOLOPOS.COM - Eks Rektor UNS Koento Wibisono Siswomihardjo. (ugm.ac.id)

Solopos.com, SOLO—Kabar duka datang dari dunia pendidikan. Mantan Rektor Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo, Koento Wibisono Siswomihardjo, 92, meninggal dunia di RS Bethesda Yogyakarta, Kamis (13/4/2023) dini hari.

Hal ini dikonfirmasi Kepala UPT Humas dan Media UNS, Deddy Whinata Kardiyanto ketika dimintai keterangan Solopos.com, Kamis (13/4/2023). “Ya saya dapat info dari Whatsapp Group [ada] berita duka,” kata Deddy.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Dari informasi yang diterima Solopos.com, mendiang akan diberangkatkan dari rumah duka di Jl. Wahid Hasyim No. 16, Pringgolayan, Condongcatur, Depok, Sleman. Selanjutnya akan disemayamkan terlebih dahulu di Balairung UGM. Lalu diberangkatkan menuju makam keluarga di Makam Kempul, Taji, Prambanan, Klaten.

Diketahui, dilansir dari ugm.ac.id, Koento menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pada 1951, dia menjadi mahasiswa Sosial dan Politik UGM yang saat itu masih berlokasi di Pagelaran Keraton Yogya.

Lalu dia menempuh Post Graduate Study pada 1970 – 1972 guna filsafat barat di Leuven, Belgia. Setelahnya dia melanjutkan studi S3-nya di Leiden, Belanda di 1979 berkat undangan van Peursen, guru besar di Belanda sekaligus promotornya. 

Kemudian dia diuji doktoralnya di UGM pada 1982, yang membuatnya menjadi doktor filsafat pertama di UGM.

Selanjutnya, Koento menjabat rektor keempat UNS Solo periode 1987-1994. Terakhir, dia menjadi guru besar emiritus Fakultas Filsafat UGM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya