SOLOPOS.COM - kaskus.co.id

Jakarta-–Dalam sepekan terakhir, Kim Jong-Un mulai kerap tampil di depan publik.

Ini memunculkan spekulasi dan keyakinan berbagai kalangan domestik dan mancanegara bahwa dialah putra mahkota yang dipersiapkan oleh penguasa Korea Utara Kim Jong-Il.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kim Jong-Un, 27, anak kedua pasangan Kim Jong-Il dan Ko Young-Hee. Seperti kakaknya, Kim Jong-Chul, 29, Jong-Un juga disekolahkan di luar negeri. Jong-Chul mengenyam pendidikan di sebuah sekolah internasional di Swiss.

Jong-Un yang hobi bola basket itu diyakini sebagai putra mahkota yang dipersiapkan untuk mewarisi kekuasaan sang ayah, Kim Jong-Il.

Seorang koki masakan khas Jepang sushi yang bekerja pada Jong-Il selama 13 tahun hingga 2001 menuturkan bahwa Jong-Un mirip dengan ayahnya.

“Dalam segala hal, dia (Jong-Un) persis seperti ayahnya, termasuk bentuk tubuhnya,” ujar sang koki itu.

Hanya saja kecakapan Jong-Un diragukan karena dia minus pengalaman dan belum teruji secara politis. Satu-satunya legitimasi politik yang dia miliki hanyalah modal trah keluarga, yakni sebagai anak Jong-Il.

Jika kelak benar-benar dinobatkan secara resmi sebagai pengganti ayahnya, Jong-Un akan mewarisi Korea Utara.

Yakni, sebagai negara yang memiliki senjata nuklir, namun memiliki menghadapi segudang masalah, seperti ekonomi yang terpuruk, kelaparan penduduk yang meluas, dan hubungan yang terus menegang dengan tetangganya, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

inilah/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya