SOLOPOS.COM - Kampung Batik Pesindon, Pekalongan.(Istimewa/batik-tulis.com)

Solopos.com, PEKALONGAN — Selain Kampung Batik Kauman, di Kota Pekalongan juga terdapat Kampung Batik Pesindon yang lokasi keduanya cukup berdekatan.

Lokasinya pun cukup strategis dan mudah dijangkau karena berada di jalan utama yang menghubungkan Kota Pekalongan dengan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Batik Kota Pekalongan sangat terkenal hingga mancanegara karena memiliki motif dan corak yang khas. Tak heran jika batik hasil produksi dari daerah ini menjadi komiditi unggulan Kota Pekalongan.

Keberadaan batik ini kemudian melahirkan kampung-kampung wisata batik yang menjadi wadah untuk mengenalkan karya seni batik kepada masyarakat luas. Salah satunya adalah Kampung Batik Pesindon yang perjalanannya tak lepas dari campur tangan warga Pesindon.

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Kampung Batik Pesindon lahir melalui kerja sama antara masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Pencinta Batik Pesindon dan Pemkot Pekalongan.

Disambut baik oleh pemerintah Kota Pekalongan, Kampung Batik Pesindon kemudian diresmikan pada 10 Mei 2020 menjadi kampung wisata batik. Tidak hanya menyediakan beragam jenis batik, di kampung ini juga menjadi pusat produksi batik khas Pekalongan.

Bukan hanya karya batik yang berkualitas tinggi, edukasi budaya batik juga poin yang penting dalam mengembangkan kampung wisata ini. Dapur produksi batik terbuka untuk umum, jadi pengunjung bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik.

Di Kampung batik pesindon ini, setidaknya ada 33 showroom serta produsen batik. Tiap showroom akan disediakan tempat istirahat dan disambut ramah oleh pramuniaga atau bahkan pemilik usaha sehingga dijamin kenyamanannya bagi setiap pengunjung.

Di kampung Batik juga dilengkapi kantor sekretariat, telecenter atau sarana internet yang tidak hanya difungsikan sebagai pusat promosi dan komunikasi warga. Namun juga menjadi media memudahkan transaksi hingga mancanegara.

Fasilitas lain pun disediakan layaknya tempat wisata seperti tempat ibadah, area parkir, dan becak batik untuk sarana transportasi pengunjung yang ingin jalan-jalan menikmati suasana Kampung Pesindon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya