SOLOPOS.COM - Andre Kurniawan, mahasiswa Fakultasi Biologi UKSW yang meraih emas di Olimpiade Sains

Solopos.com, SALATIGA — Sebuah prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), kali ini datang dari Andre Kurniawan.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Biologi ini berhasil mengukir prestasinya dalam ajang Olimpiade Sains tingkat nasional.

Dalam kompetisi yang bertajuk Indonesian Student Science Competition (ISSC) 2023, Andre Kurniawan berhasil mendapatkan medali emas dengan mengalahkan 339 peserta dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Saat diwawancarai secara daring, Rabu (6/9/2023) Andre mengungkapkan bahwa dirinya mengikuti olimpiade ISSC 2023 ini pada kategori mahasiswa dalam bidang Biologi. Tak lupa ia menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diperolehnya.

“Bersyukur dan lega, pastinya dengan konsisten dan tidak putus asa selama mempersiapkan kompetisi dapat meraih prestasi yang membanggakan orang tua, keluarga tercinta, dan kampus UKSW,” tuturnya.

Mengikuti olimpiade tingkat nasional bukanlah hal yang asing bagi Andre. Tak heran raupan prestasi pernah diterimanya seperti mendapatkan medali perak dalam kompetisi FKIP UISU Science Competition (FUSC) bidang Biologi dan medali perak pada olimpiade Indonesian Youth Science Competition (IYSC) yang diraihnya pada 2022 lalu.

Lainnya, memperoleh medali perunggu pada kompetisi National Science and Social Competition 1.0 bidang Kimia serta meraih juara favorit pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pentas Inovasi Mahasiswa (PIM) UKSW, pada 2021 lalu.

Mahasiswa yang juga pernah meraih medali perak dalam olimpiade Biologi tingkat nasional kategori mahasiswa 2022 Yayasan Parenting Asyik Indonesia 2022 ini juga berbagi pengalamannya dalam mengikuti berbagai olimpiade.

Dirinya menyebutkan bahwa dalam persiapan dibutuhkan konsistensi dan rasa ingin selalu berkembang untuk mempelajari sains dan penelitian sains terbaru.

“Dari awal masa kuliah, saya sudah mendalami sains. Sekitar tiga tahun dari sekarang perlu melakukan persiapan lebih dengan memaksimalkan potensi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, mahasiswa asal Semarang ini juga merasa excited dalam mengembangkan ilmu Biologi. Diakuinya, dengan melakukan penelitian selama kuliah menjadi salah satu wadah untuk mempersiapkan diri dalam berbagai olimpiade yang akan diikuti.

Selain itu, saat disinggung mengenai target ke depannya, dirinya berharap bisa menjadi pribadi yang lebih fokus untuk mengikuti berbagai olimpiade dan research competition di ranah internasional.

“Semoga kedepanya bisa mengembangkan penelitian sains hingga tingkat internasional,” katanya.

Rekomendasi
Berita Lainnya