SOLOPOS.COM - Mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Wali Kota Tangerang terpilih, Arief Wismansyah, sudah lima kali batal dilantik Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, karena berhalangan dengan alasan sakit. Ini skenario jalan keluar jika Atut tak kunjung bisa melakukan pelantikan.

Menurut Mendagri Gamawan Fauzi, Atut harus melapor kepada Presiden bahwa dia berhalangan. Setelah itu, keputusan berada di tangan presiden selaku pemberi mandat.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Jadi Bu Atut apabila terus berhalangan ataupun mungkin tidak bersedia, maka ia harus kembalikan mandatnya kepada Presiden. Setelah itu, baru Presiden menunjuk entah saya ataupun Wagub Banten, Rano Karno,” ujar Gamawan seusai menghadiri Sidang Paripurna di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2013).

Gamawan mengatakan dia berada dalam posisi siap sedia untuk melantik Arief. Namun prosedur tersebut di atas harus ditempuh terlebih dahulu. “Saya mau [melantik Arief], tapi kan harus sesuai dengan prosedur yang ada. Tidak bisa langsung Bu Atut beri kewenangan ke saya ataupun Pak Rano [Wagub Banten],” kata Gamawan.

Untuk sementara, pemerintahan Kota Tangerang dijalankan oleh pelaksana tugas (Plt). Menurut Gamawan, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya