SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan), didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, saat berjalan turun dari pesawat kepresidenan di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jumat (17/7/2015).(Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Kunjungan Presiden Jokowi ke Teheran, Iran, menghasilkan sejumlah nota kesepahaman atau perjanjian antara Indonesia-Iran.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali rangkaian kunjungan kenegaraannya dengan melakukan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Ketua Parlemen Iran Ali Larijani, dan Supreme Leader (Pemimpin Agung) Iran Ayatollah Sayyed Ali Khamenei.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pada Rabu (14/12/2016) pagi, bertempat di Istana Jomhouri, Sa’dabad, Presiden Iran Hassan Rouhani menyambut Presiden Jokowi dengan diawali Upacara Penghormatan. Kedua pemimpin menuju mimbar kehormatan untuk mengikuti upacara kenegaraan.

Alunan lagu kebangsaan kedua negara kemudian diperdengarkan. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi Presiden Hassan Rouhani memeriksa jajar kehormatan. Usai memeriksa jajar kehormatan kedua kepala pemimpin pun berjabat tangan.

Setelah upacara penyambutan acara dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antar kedua kepala negara yang dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antar kedua negara. Mengakhiri pertemuan, akan diadakan pernyataan pers bersama yang dilanjutkan dengan jamuan santap siang kenegaraan.

“Adapun nota-nota kesepahaman yang rencananya akan ditandatangani antara lain MOU mengenai Ekstradisi di pihak Pemerintah Indonesia ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri, Mutual Legal Asisstance ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri, MOU kerja sama kelistrikan ditandatangani oleh Menteri ESDM, dan MOU Kerjasama Investasi ditandangani oleh Kepala BKPM,” seperti dikutip dari laman Sekretariat Negara, Rabu.

Siang harinya, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani di Gedung Parlemen Iran dan dengan Supreme Leader (Pemimpin Agung) Iran Ayatollah Sayyed Ali Khamenei di Kantor Supreme Leader. Sebelum kembali bertolak ke Tanah Air pada malam nanti, Presiden juga akan menghadiri acara Ramah Tamah dan Santap Malam bersama masyarakat Indonesia di Hotel Espinas Palace, Teheran.

Turut mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Kepala BKPM Thomas Lembong, Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, dan Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya