SOLOPOS.COM - Swiss Ilustrasi (BBC)

SDSN merilis daftar negara paling bahagia dan negara paling tidak bahagia di dunia.

Solopos.com, SOLO – Sustainable Development Solutions Network (SDSN) merupakan lembaga di bawah naungan Persyerikatan Bangsa Bangsa (PBB). Baru-baru ini lembaga tersebut meluncurkan indeks kebahagian dunia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir BBC, Jumat (24/3/2015), SDSN merilis daftar negara paling bahagia dan negara paling tidak bahagia di dunia. Swiss menjadi nomor satu dalam hal negara paling bahagia di dunia.

Negara yang dikenal dengan jam tangan dan cokelat itu mengungguli Islandia, Denmark, Norwegia, dan Kanada. Sementara negara paling tidak bahagia di dunia adalah Togo. Di posisi selanjutnya ada Burundi, Syria, Benin, dan Rwanda.

Penyusunan indeks yang dilakukan SDSN itu didasari pada data jajak pendapat Gallup Worl Poll. Selain itu juga menghitung sejumlah Variabel, seperti produk domestik bruto riil per kapita, rata-rata usia harapan hidup, tingkat korupsi, dan kebebasan sosial.

“Kebahagiaan Semakin dianggap sebagai ukuran yang tepat untuk mengukur kemajuan sosial dan pemenuhan kebijakan publik,” kata perwakilan SDSN.

“Saat ini semakin banyak pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang menggunakan data kebahagiaan sebagai salah satu pijakan untuk membuat kebijakan demi kehidupan yang lebih baik untuk rakyatnya,” tambahnya.

SDSN dihuni oleh orang-orang yang bergerak di bidang akademisi, pemerintah dan sektor swasta. SDSN telah meninjau 158 negara di dunia dan kali pertama diluncurkan 2012 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya