SOLOPOS.COM - Ilustrasi CPNS (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi CPNS

Ilustrasi CPNS (Dokumentasi)

JAKARTA–Musim ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 pada beberapa instasi telah dibuka. Peserta ujian harus menjawab berbagai soal dan pertanyaan yang jumlahnya cukup banyak dengan waktu yang terbatas. Apa saja soal yang harus dijawab oleh peserta ujian CPNS?

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tasdik Kinanto menyebutkan untuk kategori test dibagi tiga yakni intelegensia umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. Semua adalah tes kompetensi dasar.

“Jadi ada 50 soal tes wawasan kebangsaan, 50 soal tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi 100 soal. Waktunya 2,5 jam,” ungkap Tasdik di Jakarta seperti dikutip situs Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI), Rabu (29/8/2012).

Menurutnya, kompetensi dasar harus dipahami, dimengerti oleh calon-calon aparatur negara. Pihaknya bertanggungjawab untuk menggelar seleksi yang fokus pada kompetensi dasar saja.

Selanjutnya akan ada tes kompetensi bidang. “Itu sesuai dengan bidang tugas masing-masing di instansi-instansi,” jelasnya.
Setelah test selesai, pada hari itu juga dokumen jawaban peserta akan dibawa langsung ke Jakarta untuk diolah dan diproses dengan sistem komputerisasi.

Dia berharap pengumuman test seleksi awal bisa dilakukan pada bulan September. “Karena kan ada tes nasional dan ada tes bidangnya masing,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya