SOLOPOS.COM - Komisioner Komnas HAM RI Mohammad Choirul Anam. (Komnas HAM)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memeriksa CCTV di 27 titik yang berada di wilayah Magelang sampai ke rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan bahwa pihaknya melihat rombongan dari Magelang ini melakukan tes PCR di sebuah rumah di Duren Tiga. Anam menyebut Brigadir J termasuk di dalam rombongan tersebut.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Rombongan dari Magelang nyampe [sampai] lalu kelihatan masuk rombongan itu. Baru masuk ke ruang PCR. Ini dimana? Di rumah. Siapa yang di PCR? Semua rombongan itu di PCR salah satunya almarhum Yosua atau J,” tutur Anam dalam sesi konferensi pers dikutip, Kamis (28/7/2022).

Masih menyampaikan tentang hasil rekaman CCTV yang memperlihatkan Brigadir J, Anam mengatakan bahwa tidak hanya Brigadir J yang melakukan tes PCR. Dia mengatakan Bharada E dan istri Ferdy Sambo, yaitu Putri Candrawathi, juga melakukan tes PCR di rumah Kompleks Polri Duren Tiga.

“PCR untuk ibu [Istri Ferdy Sambo]. Ini yang terlihat di salah satu video. Untuk Yosua [Brigadir J], Bharada E, dan yang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Brigadir J Masih Hidup pada Jumat 8 Juli 2022 di Jakarta, Ini Alasannya

Terkait rumah yang dipakai untuk melaksanakan tes PCR, Anam menegaskan bahwa tes dilakukan di rumah yang berbeda dengan rumah Irjen Ferdy Sambo atau tempat kejadian perkara (TKP). Namun lokasinya juga berada di kawasan Duren Tiga.

Komnas HAM melakukan pemeriksaan digital forensik dan cyber terkait hasil rekaman CCTV terkait kasus kematian Brigadir J pada Rabu (27/7/2022). Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk melihat CCTV dan handphone milik brigadir J.

“Hari ini kami melakukan pemeriksaan untuk digital forensi dan cyber. Digital untuk mengecek semua CCTV dan cyber mengecek semua HP,” tutur Anam di Komnas HAM dikutip, Rabu (27/7/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Temuan Penting Komnas HAM Soal CCTV di Rumah Ferdy Sambo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya