SOLOPOS.COM - Pemandangan Pulau Merak Kecil dari Pantai Mabak Cilegon. Pantai ini bisa menjadi alternatif wisata di sekitar Pelabuhan Merak. Minggu (16/4/2023) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, BANTENPemudik yang berangkat melalui Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, juga bisa melepas penat dengan beragam wisata yang ditawarkan di sekitarnya. Pemudik dimanjakan dengan pemandangan indah dari pantai hingga angin sepoi-sepoi asal bukit karang yang ada di sekitar.

Hasil penelusuran Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos, sejumlah objek wisata di dekat Pelabuhan Merak layak dikunjungi para pelancong. Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Berikut empat lokasi wisata rekomendasi Tim Ekspedisi Mudik 2023 Solopos di dekat Pelabuhan Merak.

1. Pantai Mabak Cilegon

Pantai ini terletak hanya 10 menit dari Pelabuhan Merak. Terletak berdekatan dengan Hotel Pelangi yang ada di dekat pantai. 

Pantai Mabak sangat indah untuk menyaksikan matahari tenggelam di sore hari. Selain itu anda bisa menikmati pemandangan Kapal Ferry yang akan bersandar di Pelabuhan Merak.

Air pantai di lokasi ini juga cukup jernih dengan ombak yang menggulung. Anda juga bisa melihat Pulau Merak Kecil dari kejauhan.

2. Gunung Batu, Mekarsari

Anda bisa menikmati sensasi mendaki gunung yang berjarak hanya 20 menit dari Pelabuhan Merak. Gunung Batu ini sangat cocok bagi para pendaki pemula, anda bisa melihat pemandangan Pelabuhan Merak dan Selat Sunda dari jauh.

Selain itu, di Gunung Batu juga terdapat permainan di alam bebas seperti gantole. Lokasi ini buka dari pukul 07.00 WIB dan bisa dinikmati secara gratis.

3. Pulau Merak Kecil

Pulai ini tidak berpenduduk dan secara administratif berada di Kota Cilegon. Anda bisa melihat secara langsung dari tepi Pelabuhan Merak. 

Di Pulau Merak Kecil, Anda bisa menikmati pantai berpasir putih dan beragam permainan sepert banana boat, wisata naik perahu, dan snorkeling.

Anda juga tidak perlu khawatir, di sana terdapat juga fasilitas penunjang di antaranya toilet, tempat ganti pakaian, dan musala. Bagi Anda yang berminat, Anda membutuhkan Rp15.000 untuk biaya menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pulau Merak Kecil.

4. Pulau Merak Besar

Berbeda dengan Pulau Merak Kecil, Pulau Merak Besar secara khusus difungsikan sebagai hutan lindung yang ditujukan untuk dapat menahan gelombang air laut ke arah pelabuhan merak.

Di Pulau Merak Besar Anda dapat melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 silam. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa belajar mengenai sejarah letusan Gunung Krakatau. Untuk biaya masuknya, anda cukup membayar Rp15.000 sekali masuk.

Ekspedisi Mudik 2023

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya