SOLOPOS.COM - Ilustrasi Murid SD (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Penutupan Simpang Joglo berdampak pada berubahnya jam masuk sekolah di 24 SD  di Kota Solo. Kebijakan pengubahan jam kegiatan belajar mengajar ini diambil Dinas Pendidikan (Disdik) Solo untuk mengurangi kemacetan.

Dalam kondisi normal, kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai pukul 07.00 WIB. Karena ada kondisi tak biasa, jam dimulainya KBM di 24 SD di Solo diubah menjadi pukul 07.30 WIB.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Berikut ini daftar SD negeri dan swasta yang mengalami perubahan jam KBM dan terdampak macet sesuai hasil kajian Disdik Solo:

  1. SDN Joglo
  2. SDN Kadipiro
  3. SDN Sambirejo
  4. SDN Sekip
  5. SDN Gebang
  6. SDN Banyuagung 1
  7. SDN Banyuagung 2
  8. SDN Nusukan
  9. SDN Nusukan Barat
  10. SDN Prawit 1
  11. SDN Prawit 2
  12. SD Al Islam 3 Gebang
  13. SD Al Islam 4 Kadipiro
  14. SD Muhammadiyah 3 Nusukan
  15. SD Muhammadiyah 22 Sruni
  16. SDN Tirtoyoso
  17. SDK Santo Valentinus
  18. SDK Manahan
  19. SDK Kalam Kudus
  20. SD Al Abidin
  21. SD Ictal Abidin
  22. SDTQ Al Abidin
  23. SDIT Mujahidin
  24. SDTQ Mujahidin

Sebelumnya diberitakan Disdik Kota Solo mengubah jam kegiatan belajar mengajar (KBM) pada 24 sekolah dasar (SD) yang terdampak penutupan penutupan persimpangan Joglo.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rineta, menyebut tidak semua SD mengalami perubahan jam KBM. Hanya SD yang terdampak yang diberlakukan perubahan jam KBM. “Dikarenakan penerimaan siswa baru sudah sesuai zonasi, sehingga untuk yang diberlakukan perubahan sementara ini buat sekolah yang langsung berdampak dengan penutupan palang joglo,” kata dia kepada Solopos.com melalui sambungan WhatsApp, Sabtu (22/7/2023).

Perubahan jam KBM tersebut tertuang pada surat pemberitahuan No. KP.06.02/4109/VII/2023. Pada pemberitahuan tersebut tertulis jam KBM dimulai pukul  07.30 WIB WIB sedangkan jam pemulangan menyesuaikan masing-masing sekolah. Selain itu guru disarankan untuk datang lebih awal.

Selanjutnya imbauan untuk orang tua dilarang menunggu anaknya di sekolah. Orang tua hanya diperbolehkan mengantar dan menjemput anak tanpa menunggui di sekolah. Lalu untuk guru diimbau membantu memastikan tidak ada yang parkir kendaran di depan atau di sekitar sekolah.

Terakhir, perubahan tersebut berlaku hanya untuk siswa SD terdampak penutupan simpang Joglo, sedangkan jam kerja aparatur sipil negara (ASN) tidak mengalami perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya