SOLOPOS.COM - Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (JIBI/Bisnis Indonesia/Fanny Kusumawardhani)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menentukan moderator untuk debat pertama calon presiden (capres) menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Dua orang yang terpilih itu adalah jurnalis TVRI, Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

Kedua jurnalis senior itu akan memandu debat pertama selama 120 menit yang digelar di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Mereka memiliki peran penting, yaitu sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat tersebut.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Komisioner KPU, Auguzt Mellaz, mengatakan, dua nama itu dipilih sebagai moderator debat pertama capres 2024 berdasarkan masukan dan tanggapan tim kampanye nasional masing-masing pasangan calon berdasarkan sesuai Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023.

Merujuk pada keputusan tersebut, moderator wajib memenuhi kualifikasi seperti berasal dari kalangan profesional dan akademisi, memiliki integritas tinggi, bersikap netral, serta memiliki kemampuan tampil di muka publik.

Moderator juga memiliki peran dan kewajiban untuk menjaga keberimbangan perlakuan dan kesempatan kepada tiap pasangan calon, memberikan kesempatan yang sama, baik dari sisi waktu maupun bobot pertanyaan.

Adapun tema yang akan dibawakan untuk debat perdana capres-cawapres ini yakni tentang Pemerintahan, Hukum, Hak asasi manusia (HAM), Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan layanan publik, dan Kerukunan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya