SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bumi Datar. (Dailymail)

Solopos.com, SISILIAN — Penganut teori bumi datar asal Italia tersesat dan diselamatkan kapal penyelamat migran di lepas pantai utara, Sisilia. Pasangan penganut bumi datar ini ingin membuktikan bahwa konsep bumi datar itu benar selama lockdown berlangsung. Namun sayangnya pasangan yang tidak memiliki keterampilan berlayar dan malah tersesat.

Teori-Teori Konspirasi yang Diduga Jadi Acuan Para Penganut Bumi Datar

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Dilansir Dailymail, Sabtu (12/9/2020), pasangan dari Venesia, Italia, itu mencoba melakukan perjalanan ke Lampedusa, sebuah pulau antara Sisilia dan afrika Utara. Faktanya sekarang Lampedusa menjadi titik transit utama bagi para migran yang ingin memasuki Eropa.

Para ahli teori konspirasi percaya bahwa ujung dunia berada di dekat pulau itu dan pasangan ini ingin membuktikannya. Diketahui pasangan ini menjual mobil mereka untuk membeli perahu di Termini Imerese, sebuah kota di Sisilia utara, sebelum mereka berangkat dalam perjalanan.

Meskipun pasangan ini memiliki optimisme untuk misi ini, mereka tidak memiliki banyak pengalaman berlayar. Alhasil pasangan itu tidak pernah berhasil sampai ke ujung dunia, bahkan sampai Lampedusa saja tidak. Mereka malah tersesat di dekat Pulau Ustuca, di lepas pantai utara Sisilia.

Sejarah Bumi Datar, Anda Tim Bumi Bulat atau Flat Earth?

Percaya Kompas

Salvatore Zichinchi, seorang dokter dari Kantor Kementerian Maritim dan Kesehatan, membantu pasangan tersebut. Mereka ditemukan dengan keadaan haus, lelah, dan kapalnya hampir karam.

Zichinichi mengatakan pasangan itu menggunakan kompas, sebuah alat yang biasa ditolak para penganut teori bumi datar. “Lucunya, mereka menyesuaikan diri dengan kompas, instrumen yang bekerja berdasarkan magnet terresterial,” ungkap dokter tersebut kepada berita Itali La Stampa.

Setelah diselamatkan, pasangan itu dibawa ke Palermo untuk dikarantina selama dua minggu. Pasangan ini diketahui melanggar peraturan pembatasan dari pemerintah Italia. Mereka mencoba melakukan upaya melarikan diri.

Tetapi petugas Pelabuhan menghentikan mereka tiga jam kemudian, dan membawa mereka kembali ke tempat karantina.

Kaum Bumi Datar Cari Tepian Bumi ke Antarktika

Dilaporkan, mereka mencoba melarikan diri kedua kalinya, dan ditangkap lagi. Hingga akhirnya memutuskan untuk mengikuti karantina selama dua pekan. Sejak itu mereka menghentikan pencarian mereka, dan kembali ke rumah mereka di Venesia, Italia menggunakan kapal Feri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya