SOLOPOS.COM - Sejumlah orang tua calon siswa mengantre untuk memverifikasi berkas pada PPDB SMA/SMK di SMAN 1 Solo, Senin (19/6/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Verifikasi berkas Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri bisa dilakukan di sekolah terdekat. Wali murid tidak wajib memverifikasi berkas di sekolah yang dituju.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Solo, Setya Anung Harianto, mengatakan banyak orang tua yang beranggapan verifikasi harus di sekolah tujuan. Dia mengatakan para orang tua atau wali murid bisa melakukan verifikasi di sekolah yang sepi.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Menurut dia, ini agar antrean tidak menumpuk di SMA atau SMK tertentu saja. Dia mengatakan sejak hari pertama, SMAN 1 Solo selalu ramai lantaran menjadi jujukan wali murid memverifikasi berkas. Hingga lama tunggu antrean sampai satu hari.

“Verifikasi akun bisa di sekolah mana pun. Tapi wali murid yang datang ke sini saya sarankan seperti itu, dia tidak mau,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (19/6/2023).

Dia mengingatkan verifikasi bisa dilakukan di SMA atau SMK Negeri yang lebih longgar. Namun, menurut dia beberapa orang tau lebih memilih untuk melakukan di SMAN 1 Solo meski antrean membeludak.

“Padahal memverifikasi dimanapun boleh, di SMK atau SMA Negeri se-Jawa Tengah itu boleh, tapi kalau wali murid tetap ingin ke sini ya sudah, kita tetap layani,” lanjut dia.

Lain halnya dengan PPDB di SMAN 9 Solo, posko yang menempati aula SDN Mojo, Pasar Kliwon, Solo itu nampak lebih longgar dibandingkan di SMA Negeri lain. 

Sie Informasi Panitia PPDB SMAN 9 Solo, Derry Putri, menyebut sudah ada puluhan wali murid yang memverifikasi berkas. Pihaknya juga membantu membuat akun bagi yang masih kebingungan.

“Sejauh ini sudah kita sudah menerima pelayanan dan kebanyakan dari warga sekitar, entah itu hanya sekadar cari informasi, tanya terkait SMAN 9 sendiri, membuat akun, atau yang sudah siap tinggal verifikasi berkas,” kata dia.

Saat ini, menurut dia, panitia PPDB di SMAN 9 Solo seluruhnya dipegang oleh guru-guru dari SMAN 5 Solo. Pihaknya mengaku siap melayani verifikasi berkas hingga 23 Juni 2023 mendatang dan akan dilayani hingga pukul 15.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya