SOLOPOS.COM - Ilustrasi kalender. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, termasuk pada 2022 ini, selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Perlu diketahui, Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober bukanlah termasuk hari libur nasional.

Hal ini untuk menjawab beragam pertanyaan yang muncul di media sosial terkait apakah tanggal 28 Oktober 2022 yang merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 hari libur nasional atau tidak.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Pada Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengambil tema Bersatu Bangun Bangsa.

Dengan tema tersebut, Hari Sumpah Pemuda bisa menjadi momentum untuk mengingat kembali semangat juang para pemuda Indonesia.

Baca Juga: Cara Mengetahui TV Sudah Digital atau Masih Analog, Mudah Kok Lur!

Selain itu, di tanggal 28 Oktober 2022 yang diperingati Hari Sumpah Pemuda, lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, swasta, hingga organisasi kepemudaaan disarankan menggelar upacara sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Supah Pemuda ke-94 2022 yang diterbitkan oleh Kemenpora.

Baca Juga: Teks Doa Hari Sumpah Pemuda 2022, yang Bisa Dibaca saat Upacara

Tanggal Merah Oktober 2022

Perlu kamu ketahui, pada Oktober 2022 ini hanya ada satu tanggal merah atau hari libur nasional yang telah jatuh pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Pada hari itu, diperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Meskipun tidak masuk sebagai hari libur nasional, peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, termasuk pada tahun 2022 ini diatur dalam Kepres 316/1959 yang disahkan tanggal 16 Desember 1959. Dalam Kepres tersebut, masyarakat Indonesia diimbau memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2022 yang Penuh Semangat

Dengan ditetapkannya Hari Sumpah Pemuda sebagai hari besar nasional membuktikan bahwa peristiwa Sumpah Pemuda memiliki nilai sejarah yang begitu tinggi bagi Indonesia, khususnya para pemuda Tanah Air.

Baca Juga: Kumpulan Bahasa Gaul di Solo yang Wajib Kamu Tahu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya