SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SRAGEN–- Harga tiket bus memasuki arus balik Lebaran 2014 meningkat tajam. Kenaikan tersebut mencapai 100% dari tarif normal.

Kenaikan tarif tersebut seperti yang terjadi di Terminal Pilangsari, Sragen. Salah satu agen PO. Laju Prima, Murti, menuturkan pihaknya menaikkan harga tiket bus terjadi secara bertahap. Pada Sabtu (2/8/2014), harga tiket bus yang dijual mencapai Rp345.000 untuk jurusan Sragen-Jakarta. “Untuk bus yang kami sediakan semuanya pakai AC. Harga sebelum Lebaran Rp140.000. Naiknya bertahap.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ada kenaikan karena Lebaran,” jelas dia saat ditemui wartawan di Terminal Pilangsari, Sabtu.Meski mengalami kenaikan, pihaknya mengaku masih banyak pemudik memburu tiket bus khususnya menuju ke Jakarta. “Dinaikkan saja masih banyak yang mencari,” ungkap dia.

Sementara itu, salah satu pemudik, Karso, 35, mengakui terjadi kenaikan harga tiket bus memasuki arus balik Lebaran. Dia menguraikan untuk bus jurusan Sragen-Jati Bening, Bekasi harga tiket mencapai Rp285.000. Karso menilai kenaikan tarif bus biasa terjadi saat arus balik Lebaran. “Menurut saya kenaikan harga masih pantas. Kalau tarif biasa itu sekitar Rp160.000,” urainya.

Pada bagian lain, puncak arus balik Lebaran di Terminal Pilangsari serta Terminal Gemolong terjadi pada Sabtu-Minggu (2-3/8). Kepala UPTD Terminal Pilangsari, Sugeng, menjelaskan hingga Sabtu, jumlah pengunjung yang mendatangi terminal terus meningkat.

Puncak Arus Balik
Pihaknya pun tak menampik Sabtu merupakan puncak arus balik di terminal itu. “Jika sebelumnya ada pergerakan 600 bus dalam sehari, mudah-mudahan hari ini [Sabtu] bisa lebih. Untuk jumlah penumpangnya, pada Jumat (1/8) mencapai 7.000-an orang. Dengan jumlah penumpang yang berangkat lebih banyak dibanding yang datang,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Terminal Gemolong, Sutarto, juga menyampaikan puncak arus balik terjadi Sabtu-Minggu. Hingga Sabtu siang, jelas dia, sebanyak 26 bus jurusan rata-rata menuju ke wilayah Jabodetabek masuk ke terminal.

“Kami data sampai saat ini [Sabtu siang] ada 26 kendaraan yang masuk ke terminal. Diperkirakan ada 40 bus yang masuk terminal pada Sabtu ini. Sementara, pada Jumat (1/8) ada 35 bus yang masuk terminal,” urai dia.

Disinggung kenaikan harga tiket bus terutama jurusan Sragen-Jakarta, Sutarto tak menampik. Kenaikan tersebut hampir mencapai 100%. “Harga tiket sekitar Rp200.000. Kalau sebelumnya Rp120.000. Kami tetap lakukan kontrol terkait harga tiket bus itu,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya