SOLOPOS.COM - Robot bernama Valkyre. (Istimewa)

Industri Teknologi terus mengembangkan robot untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Solopos.com, SOLO – World Economic Forum memprediksi 4 tahun lagi, pada 2020, 5 juta pekerjaan di dunia terancam lenyap. Semua itu gara-gara perkembangan teknologi.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Forum melakukan survei terhadap eksekutif senior dari 350 perusahaan besar di 15 industri paling menunjang ekonomi dunia. Jika digabungkan, industri menampung 65 persen pekerja dari seluruh Bumi.

Diketahui, sebanyak 7,1 juta pekerjaan di negara-negara terkaya dunia bisa lenyap akibat kelebihan dan pengalihan sistem, dari tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Namun, kehilangan tersebut sebagian akan diimbangi dengan munculnya 2,1 juta kesempatan baru di sektor-sektor tertentu, seperti teknologi, layanan profesional, dan media.

Laporan penelitian itu mengungkapkan, pekerjaan-pekerjaan di belakang meja, seperti pekerjaan administratif dan pekerjaan kantoran berada dalam resiko yang besar untuk digantikan oleh robot ataupun kecerdasan buatan lainnya.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut menempati presentase 2/3 dari pekerjaan yang akan digantikan robot.

”Pekerjaan rutin di belakang meja, seperti fungsi-fungsi administratif, akan menghadapi resiko mengalami pengurangan dan digantikan robot,” kata Bank of England Chief Economist, Andy Haldane, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (19/1/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya